Minggu, 21 Juli 2024
Djogja Info

10 Manfaat kentang untuk kesehatan tubuh

Manfaat kentang untuk kesehatan. (pixabay)
Manfaat kentang untuk kesehatan. (pixabay)
Manfaat kentang untuk kesehatan. (pixabay)
Manfaat kentang untuk kesehatan. (pixabay)

Djogjainfo – Kentang merupakan umbi yang dapat dimakan, tersedia di seluruh dunia dan sepanjang tahun. Kentang relatif murah untuk tumbuh, kaya nutrisi, dan mereka bisa membuat makanan yang lezat.

Kentang telah jatuh popularitasnya dalam beberapa tahun terakhir, karena minat pada makanan rendah karbohidrat.

Namun, serat, vitamin, mineral, dan fitokimia yang diberikannya dapat membantu menangkal penyakit dan bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Kentang pertama kali didomestikasi di Andes di Amerika Selatan hingga 10.000 tahun yang lalu. Penjelajah Spanyol memperkenalkan mereka ke Eropa pada awal abad ke-16.

Mereka sekarang menjadi tanaman sayuran terbesar di Amerika Serikat (AS), di mana rata-rata orang makan 55 pon, atau 25 kilogram (kg) kentang setiap tahun. Mereka adalah makanan pokok penting di banyak negara di dunia.

Fakta cepat tentang kentang:

Beberapa bukti menunjukkan bahwa kentang dapat membantu mengurangi peradangan dan sembelit

Kentang ukuran sedang mengandung sekitar 164 kalori dan 30 persen dari asupan B6 harian yang direkomendasikan.

Kentang panggang pada hari musim dingin membuat makanan yang ekonomis, hangat, dan bergizi.

Manfaat

Asupan buah dan sayuran yang tinggi dapat bermanfaat bagi kesehatan dan mengurangi risiko banyak kondisi kesehatan terkait gaya hidup.

Kentang mengandung nutrisi penting, bahkan ketika dimasak, yang dapat bermanfaat bagi kesehatan manusia dalam berbagai cara. Dikutip dari medical news today, berikut adalah beberapa manfaatnya.

1) Kesehatan tulang

Zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, dan seng dalam kentang semuanya membantu tubuh membangun dan mempertahankan struktur dan kekuatan tulang.

Besi dan seng memainkan peran penting dalam produksi dan pematangan kolagen.

Fosfor dan kalsium keduanya penting dalam struktur tulang, tetapi penting untuk menyeimbangkan kedua mineral untuk mineralisasi tulang yang tepat. Terlalu banyak fosfor dan terlalu sedikit kalsium menyebabkan pengeroposan tulang dan berkontribusi pada osteoporosis.

2) Tekanan darah

Asupan natrium yang rendah sangat penting untuk menjaga tekanan darah yang sehat, tetapi meningkatkan asupan kalium mungkin sama pentingnya. Kalium mendorong vasodilatasi, atau pelebaran pembuluh darah.

Menurut Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional (NHANES), kurang dari 2 persen orang dewasa Amerika memenuhi rekomendasi 4.700 miligram harian.

Kalium, kalsium, dan magnesium semuanya ada dalam kentang. Ini telah ditemukan untuk menurunkan tekanan darah secara alami.

3) Kesehatan jantung

Kandungan serat, potasium, vitamin C, dan vitamin B6 kentang, ditambah dengan kekurangan kolesterol, semuanya mendukung kesehatan jantung.

Kentang mengandung serat dalam jumlah yang signifikan. Serat membantu menurunkan jumlah total kolesterol dalam darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Penelitian berdasarkan NHANES telah menautkan asupan kalium yang lebih tinggi dan asupan natrium yang lebih rendah dengan penurunan risiko semua penyebab kematian dan penyakit jantung.

4) Peradangan

Kolin adalah nutrisi penting dan serbaguna yang ada dalam kentang. Ini membantu dengan gerakan otot, suasana hati, pembelajaran, dan memori.

Satu kentang besar mengandung 57 mg kolin. Pria dewasa membutuhkan 550 mg, dan wanita 425 mg sehari.

5) Kanker

Kentang mengandung folat. Folat berperan dalam sintesis dan perbaikan DNA, sehingga mencegah banyak jenis sel kanker terbentuk karena mutasi pada DNA.

Asupan serat dari buah-buahan dan sayuran seperti kentang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker kolorektal.

Vitamin C dan quercetin juga berfungsi sebagai antioksidan, melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

6) Pencernaan dan keteraturan

Kandungan serat dalam kentang membantu mencegah sembelit dan meningkatkan keteraturan untuk saluran pencernaan yang sehat.

7) Manajemen berat badan dan rasa kenyang

Serat makanan umumnya diakui sebagai faktor penting dalam manajemen berat badan dan penurunan berat badan.

Mereka bertindak sebagai “agen bulking” dalam sistem pencernaan. Mereka meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan, sehingga seseorang merasa kenyang lebih lama dan cenderung tidak mengonsumsi lebih banyak kalori.

8) Metabolisme

Kentang adalah sumber vitamin B6 yang bagus. Ini memainkan peran penting dalam metabolisme energi, dengan memecah karbohidrat dan protein menjadi glukosa dan asam amino. Senyawa yang lebih kecil ini lebih mudah dimanfaatkan untuk energi di dalam tubuh.

9) Kulit

Kolagen adalah sistem pendukung kulit. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari, polusi, dan asap. Vitamin C juga membantu kolagen menghaluskan kerutan dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

10) Kekebalan

Penelitian telah menemukan bahwa vitamin C dapat membantu mengurangi keparahan dan durasi pilek. Kentang adalah sumber vitamin C yang baik. (*)

Leave a Reply