Selasa, 18 Juni 2024
Djogja Info

5 Buah Super untuk Ditambahkan ke Menu Diet Anda Hari Ini

buah untuk diet. (pixabay)
buah untuk diet. (pixabay)

Djogjainfo – Buah dikemas dengan vitamin, mineral, serat, dan senyawa tanaman yang disebut fitonutrien. Karena itu, ini adalah salah satu makanan tersehat yang bisa Anda makan.

Beberapa buah bahkan dianggap “makanan super” karena banyak manfaatnya.

Baca juga: Dampak mengonsumsi kafein terhadap tubuh

Meskipun tidak ada definisi pasti tentang apa yang merupakan makanan super, mereka sering kaya akan senyawa peningkat kesehatan dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Banyak buah telah dipelajari untuk efek kesehatannya.

Meskipun jelas bahwa total asupan buah segar merupakan faktor penting dalam pencegahan penyakit, buah-buahan tertentu menonjol karena kandungan nutrisinya yang kuat dan manfaat yang terkait.

Berikut adalah 5 buah super untuk ditambahkan ke menu diet Anda hari ini yang dikutip dari Healthline.

1. Plum

Selain rasanya yang enak, buah plum menawarkan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman pelindung kesehatan dengan konsentrasi tinggi.

Mereka sangat kaya akan asam hidroksisinamat, yang merupakan jenis antioksidan polifenol.

Dengan mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas, antioksidan dapat mengurangi risiko berbagai penyakit.

Plum juga kaya akan vitamin C dan karotenoid provitamin A, yang keduanya memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

2. Stroberi

Stroberi sangat tinggi antioksidan seperti vitamin C, anthocyanin, asam fenolik, dan flavonoid.

Dalam studi 3 minggu, 21 wanita yang makan 9 ons (250 gram) stroberi beku setiap hari mengalami peningkatan aktivitas antioksidan yang signifikan dalam darah mereka.

Terlebih lagi, buah beri yang sehat ini dapat mengurangi risiko penyakit Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa makan stroberi dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung, penanda peradangan yang lebih rendah, dan meningkatkan asupan serat, yang semuanya dapat melindungi terhadap kondisi kesehatan kronis seperti penyakit jantung dan kanker tertentu.

3. Anggur

Meskipun ukurannya kecil, anggur memiliki nutrisi yang serius. Banyak varietas yang ada, dan sementara semua membuat pilihan yang sehat, beberapa lebih tinggi antioksidan daripada yang lain.

Dalam sebuah penelitian baru-baru ini yang membandingkan 30 varietas anggur, Black Pearl, Summer Royal Black, Pearl Green, Seedless Green, dan Seedless Red anggur menunjukkan aktivitas antioksidan dan radikal bebas terkuat.

Varietas ini ditemukan dikemas dengan antioksidan seperti asam caffeic, epicatechin, catechin gallate, asam protocatechuic, asam galat, dan rutin.

Memang, antioksidan ini mungkin menjadi alasan mengapa buah-buahan lezat ini dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan kanker tertentu.

4. Apel

Apel dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker, termasuk kanker kolorektal.

Khususnya, mereka adalah sumber antioksidan flavonoid yang terkonsentrasi.

Sebuah penelitian di lebih dari 56.000 orang menghubungkan asupan apel yang lebih tinggi dan makanan kaya flavonoid lainnya dengan penurunan risiko kematian dari semua penyebab, termasuk dari kanker dan penyakit jantung.

5. Persik

Persik sering dinikmati dalam selai dan pai, tetapi yang terbaik adalah memakan buah persik mentah.

Baca juga: 5 Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

Itu karena kulit dan daging buah persik segar memiliki aktivitas antioksidan dan anti-inflamasi yang lebih tinggi daripada produk persik yang dimasak.

Selain fitonutrien seperti asam fenolik dan karotenoid, buah persik menyediakan sumber serat, vitamin C, provitamin A, dan potasium yang baik. (*)

Leave a Reply