Senin, 24 Juni 2024
Djogja Info

5 Cara membuat rambut lebih sehat dan tampak lebat

cara merawat rambut. (pixabay)
cara merawat rambut. (pixabay)
cara merawat rambut. (pixabay)
cara merawat rambut. (pixabay)

Djogjainfo – Rambut itu sementara genetika memainkan peran kunci. Diet, cuaca, polusi, dan pendekatan Anda secara keseluruhan untuk perawatan rambut semuanya penting untuk mempertahankan mahkota kemuliaan Anda.

Cara bagaimana diet sehat dan perawatan yang tepat dapat membuat rambut Anda lebih unggul dari yang lain. (Healthline)

1. Meningkatkan protein

Diet yang lengkap merupakan faktor penting dalam kesehatan rambut dan kulit kepala. Rambut terutama terdiri dari protein, jadi pastikan untuk makan setidaknya 45 gram protein setiap hari. Sumber yang baik meliputi:

– daging tanpa lemak
– unggas
– ikan
– kacang polong
– produk susu rendah lemak
– telur

Diet dengan protein yang tidak memadai dapat menyebabkan rambut lemah, rapuh dan kehilangan warna rambut, serta kerontokan rambut itu sendiri.

2. Makan sayur dan buah

Kekurangan zinc dapat menyebabkan rambut rontok. Masukkan kacang-kacangan seperti kacang Brazil, walnut, pecan, kacang mete, dan almond ke dalam diet Anda untuk memerangi kerontokan.

Makan dan minum yang banyak:

– Sayuran
– buah-buahan
– salad berdaun hijau
– banyak air bersih yang disaring

Suplemen multivitamin atau seng dapat meningkatkan diet Anda bila diperlukan.

3. Omega

Meningkatkan asupan asam lemak omega-3 dapat merangsang folikel rambut dan kelenjar sebaceous. Meskipun ini tidak akan menyebabkan rambut Anda tumbuh, ini dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala.

Asam lemak omega-3 ditemukan pada ikan air dingin, seperti salmon, sarden, dan herring. Sumber bagus lainnya termasuk:

– biji rami
– yogurt
– Pondok keju
– salad
– sereal

4. Kenali rambutmu

Ada pendapat yang saling bertentangan tentang seberapa sering keramas rambut Anda. Semuanya bermuara pada preferensi pribadi dan kebutuhan individu, yang bergantung pada:

– jenis dan tekstur rambut Anda
– seberapa sering Anda menggunakan produk rambut?
– tingkat aktivitas Anda

Misalnya, orang dengan rambut berminyak mungkin perlu keramas setiap hari, sedangkan orang dengan rambut kering mungkin perlu keramas lebih jarang.

5. Pilih sampo yang tepat

Menggunakan sampo dan zat penata rambut yang salah dapat menyebabkan kerusakan rambut yang signifikan. Cari produk yang tepat untuk jenis rambut Anda — berminyak, normal, atau kering — dan targetkan masalah apa pun yang Anda miliki, seperti ketombe.

Cobalah untuk menghindari sampo dengan bahan-bahan yang keras, seperti amonium lauril sulfat atau natrium lauril sulfat. Dan ingat, biaya tidak selalu menunjukkan kualitas suatu produk. (*)

Leave a Reply