Tekno

5 hal yang tidak Anda ketahui bisa dilakukan oleh Google

×

5 hal yang tidak Anda ketahui bisa dilakukan oleh Google

Sebarkan artikel ini
google (pixabay)
google (pixabay)
google (pixabay)
google (pixabay)

Djogjainfo – Cukup sulit membayangkan seperti apa internet tanpa Google. Mesin telusur ini tentu bukan yang pertama, tetapi muncul sebagai pemenang melawan penawaran saingan seperti AskJeeves, Yahoo dan Bing untuk menjadi yang terbesar setelah muncul secara online kembali pada tahun 1998.

Apa pun platform yang Anda pilih, ‘Google it’ telah menjadi identik dalam menelusuri web.

Baca juga: Microsoft meluncurkan saingan Chromebook dengan perangkat lunak khusus untuk sekolah

Mesin pencari Google sejak itu juga menelurkan browser web khusus, ponsel, sistem rumah pintar dan berbagai alat produktivitas online, dan masih ada banyak rahasia menyenangkan untuk ditemukan jika Anda tahu di mana mencarinya.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan Google Maps, tetapi itu hanya menggores permukaan.

Sementara beberapa dari fitur yang kurang dikenal benar-benar berguna, yang lain tidak lebih dari sekadar gimmick lucu untuk membuat kita tetap terhibur.

Jika Anda ingin mengungkap trik apa yang dapat Anda capai dengan Google dan Google Chrome OS, berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Memeriksa malware berbahaya

Jika Anda menggunakan Google Chrome sebagai peramban web khusus, terkadang Anda mungkin menyadari bahwa kinerjanya mungkin sedikit lamban, atau mungkin Anda secara tidak sengaja mengeklik beberapa tautan yang mencurigakan.

Untuk menenangkan pikiran Anda, Chrome sebenarnya memiliki pemindai malware bawaannya sendiri yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan segala potensi jahat yang mungkin mengintai di sistem Anda.

Untuk menemukannya, cukup buka browser Chrome Anda dan masuk ke Pengaturan dengan memilih menu tarik-turun di kanan atas halaman web. Dari sana, temukan bagian Lanjutan yang terletak di sebelah kiri dan klik ‘Setel ulang dan bersihkan’ yang akan membuka bagian dengan dua opsi baru.

Dengan memilih ‘Bersihkan komputer’, sistem Anda akan memeriksa perangkat lunak berbahaya apa pun dan memberi Anda opsi untuk tidak mengirimkan laporan digital kepada Google tentang temuannya jika Anda sadar mengirimkan data sistem Anda ke perusahaan besar.

2. Menemukan penerbangan yang sangat murah

Oke, jadi opsi penerbangan tidak terlalu tersembunyi, tapi rasanya agak terabaikan.

Banyak dari kita memiliki situs web atau layanan pilihan yang menjanjikan untuk menemukan penerbangan murah, seperti Expedia, Kayak, atau Skyscanner, tetapi jika Anda merasa ingin berpetualang (atau hanya perlu melarikan diri dari kenyataan dengan cara apa pun yang diperlukan untuk sementara waktu), maka Google Flights mungkin benar-benar menjadi pilihan yang lebih baik untuk Anda.

Cukup buka tab ‘Jelajahi’ di Google Penerbangan dan masukkan bandara atau kota tujuan keberangkatan. Biarkan tujuan kosong, lalu pilih salah satu kotak yang menampilkan tanggal berangkat dan kembali.

Ini kemudian akan memungkinkan Anda untuk beralih dari tanggal tertentu, ke tanggal fleksibel di mana Anda dapat memilih satu bulan penuh sebagai jendela pencarian Anda, atau bahkan jangka waktu seperti perjalanan pulang selama seminggu dalam enam bulan ke depan.

Anda harus memiliki fleksibilitas itu, tetapi hasil dari pencarian ini akan memberi Anda kemungkinan penerbangan termurah ke beberapa tujuan, yang seharusnya memberi Anda beberapa opsi yang sebelumnya mungkin di luar anggaran Anda.

Anda bahkan dapat memasukkan filter tambahan untuk pencarian Anda di atas ini, dengan opsi untuk penerbangan langsung atau tidak langsung, maskapai tertentu, berapa banyak tas yang akan Anda bawa, tetapkan batas harga dan bahkan prioritaskan lokasi berdasarkan aktivitas yang ingin Anda coba keluar, seperti bermain ski, mengunjungi museum atau bersantai di pantai.

3. Pencarian gambar

Anda mungkin bisa frustrasi ketika menemukan gambar yang tidak dikreditkan yang Anda perlukan beberapa informasi tambahan.

Untungnya, Google dapat menghemat waktu dan frustrasi Anda dengan ini dengan memungkinkan Anda untuk mencari gambar termasuk informasi yang Anda butuhkan.

Google bisa mencari gambar yang sama persis yang diposting di tempat lain secara online, dan juga gambar serupa.

Saat di Google Image, pilih ikon kamera di bilah pencarian dan dua opsi akan muncul, satu untuk mencari menggunakan URL gambar, dan satu lagi untuk langsung mengunggah gambar untuk mencari dari sistem Anda.

Fitur ini sangat berguna untuk menemukan sumber asli gambar dan menemukan nama benda-benda yang ada di gambar.

Anda juga dapat menggunakan ini sebagai fitur keamanan jika Anda yakin bahwa gambar Anda sedang digunakan secara online, atau Anda menduga bahwa orang yang Anda ajak ngobrol di situs kencan mungkin menipu Anda menggunakan foto orang lain.

4. Putar file video dan audio

Browser web Google dapat memutar semua media. Jika Anda memiliki file audio atau video yang ingin Anda tonton, cukup seret langsung ke tab baru di Google Chrome dan file tersebut akan mulai diputar di jendela itu.

5. Membawa Anda kembali ke masa lalu

Tentu saja ubu menarik. Sedikit nostalgia bagi kita yang dapat mengingat internet di akhir 1990-an.

Buka mesin pencari Google dan ketik ‘Google in 1998’ dan alih-alih memuat halaman baru hasil pencarian, seluruh jendela akan berubah menjadi seperti apa tampilan halaman depan Google saat pertama kali diluncurkan.

Ini bagus untuk sedikit bersenang-senang, tetapi sayangnya sedikit mengecewakan ketika Anda menyadari bahwa halaman tersebut akan kembali ke bentuknya yang modern jika Anda memilih apa pun di halaman tersebut (meskipun ada tombol khusus yang menyatakan ‘bawa saya kembali ke masa sekarang ‘).

Akan sangat bagus jika Google dapat memunculkan beberapa hasil pencarian yang diarsipkan dari akhir 90-an untuk dijelajahi agar fitur ini lebih tahan lama.

Baca juga: Space Force berhasil meluncurkan dua satelit ‘pengawasan lingkungan’ untuk mengawasi ‘orbit kritis’

Raksasa teknologi telah berkembang pesat dalam 23 tahun terakhir, dan ada lebih dari sekadar lima fitur yang tidak disukai yang dapat menggunakan beberapa pengakuan tambahan.

Tidak diragukan lagi, Google saat ini sedang mengembangkan lebih banyak kesenangan dan utilitas untuk kita temukan di tahun-tahun mendatang, tetapi ada banyak hal yang harus dilakukan. Terima kasih Google. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *