Tekno

5 hal yang tidak Anda ketahui dapat dilakukan oleh Google Maps

×

5 hal yang tidak Anda ketahui dapat dilakukan oleh Google Maps

Sebarkan artikel ini
google maps (pixabay)
google maps (pixabay)
google maps (pixabay)
google maps (pixabay)

Djogjainfo – Baik mencari petunjuk arah atau ingin menjelajahi lokasi yang jauh secara virtual, Google Maps memiliki banyak alat yang berguna untuk membantu Anda.

Namun di samping fitur-fiturnya yang lebih jelas, ada beberapa hal yang dapat dilakukan Google Maps yang mungkin tidak Anda ketahui.

Baca juga: Layanan aplikasi YouTube Go akan dihentikan Agustus mendatang

Berikut adalah lima hal yang tidak Anda ketahui dapat dilakukan oleh Google Maps.

1. Berdandan Pegman

Jika Anda menuju ke Google Maps di PC Anda, Anda akan melihat sosok humanoid kuning kecil di sudut kanan bawah.

Karakter Simpsons wannabe ini disebut Pegman, dan dengan mengambilnya dan menjatuhkannya ke peta, Anda akan memuat ke Streetview jika opsi tersedia.

Tapi, di beberapa area, Pegman akan terlihat sedikit berbeda. Jika Anda menuju ke Istana Buckingham, Kastil Windsor, atau Kastil Balmoral maka mereka akan berubah menjadi Ratu Elizabeth II (raja Inggris saat ini). Sementara perjalanan ke Loch Ness akan menyebabkan Pegman menyerupai monster hijau aneh dengan topi.

Ada beberapa lainnya, seperti Pegman melompat ke pesawat ruang angkasa saat Anda menyeretnya ke Area 51, dan mungkin masih banyak lagi yang belum kami temukan.

Pada suatu waktu Pegman berubah menjadi LEGO Minifigure di LEGOLAND, tetapi itu tampaknya telah dihapus.

Lain kali Anda menjelajahi Google Maps, lihat bagaimana Pegman berubah saat Anda menjelajah.

2. Mengukur jarak

Anda dapat menggunakan Google Maps untuk mengukur jarak antara dua titik di permukaan bumi, Anda bahkan dapat membuat rute yang terdiri dari beberapa titik untuk mengukur antara beberapa tempat sekaligus.

Baik Anda menggunakan PC atau ponsel cerdas, prosesnya sangat sederhana.

Anda dapat membuka menu dengan mengklik kanan pada spasi dan memilih Mengukur jarak (jika Anda menggunakan PC); atau Anda mengetuk titik di Maps menggunakan ponsel, ketuk lagi, lalu pilih Ukur jarak dari menu yang muncul.

Jika Anda menginginkan panduan langkah demi langkah yang lebih mendalam, Anda dapat melihat cara mengukur jarak kami di Google Maps untuk mendapatkan bantuan.

3. Ingat di mana Anda parkir

Setiap orang yang secara teratur mengendarai mobil telah parkir di suatu tempat, hanya untuk melupakan di mana tepatnya itu nanti.

Google Maps dapat menghilangkan semua masalah yang disebabkan oleh hilangnya tempat parkir Anda dengan membiarkan Anda menyimpan lokasi untuk sementara sehingga Anda dapat diarahkan kembali ke sana nanti.

Setelah Anda parkir, Anda dapat membuka Google Maps di ponsel cerdas Anda dan mengetuk titik biru yang menandai lokasi Anda saat ini.

Ini membuka menu kecil yang mencakup Simpan parkir sebagai opsi ketiga. Ketuk dan tempat parkir Anda akan disimpan di Google Maps untuk digunakan nanti.

Jika Anda menemukan jalan kembali tanpa memerlukan petunjuk arah, Anda dapat menghapus titik tersimpan ini dengan mengetuk > Info selengkapnya > Hapus untuk menghapusnya.

4. Catat kemana Anda pergi

Google tidak hanya akan mengingat tempat-tempat yang Anda minta, itu benar-benar akan menyimpan catatan ke mana pun Anda bepergian dengan ponsel cerdas Anda (asalkan aplikasi terpasang).

Dengan membuka aplikasi Google Maps, mengetuk gambar profil Anda, lalu memilih Timeline Anda, Anda dapat menggulir kembali kalender untuk melihat jalur kapan dan di mana Anda bepergian pada hari tertentu.

Jika Anda tidak menyadari bahwa aplikasi dapat melacak Anda seperti ini, maka Anda mungkin sedikit dibuat sketsa – dan kami tidak menyalahkan Anda, kami merasakan hal yang persis sama.

Untuk menonaktifkan fitur ini, Anda dapat membuka kembali halaman Timeline dan menekan tombol menu (tiga titik) di pojok kanan atas.

Pilih Pengaturan dan privasi dan gulir ke bawah ke Pengaturan lokasi. Di sini Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan Riwayat Lokasi, menghapus semua Riwayat Lokasi, atau menghapus data hanya dari serangkaian tanggal tertentu.

Anda bahkan dapat mengaturnya agar riwayat lokasi dihapus secara otomatis setelah jangka waktu tertentu.

Jika Anda memilih untuk tetap mengaktifkan fitur ini, ini dapat menawarkan beberapa manfaat. Jika Anda ingin mengingat ke mana Anda pergi dalam perjalanan liburan Anda atau nama kafe yang membuat kopi enak yang Anda kunjungi tempo hari, maka alat Timeline ini dapat membantu mengingatkan Anda dengan menunjukkan di mana Anda berada pada tanggal tertentu .

5. Membawa Anda kembali ke masa lalu

Kami membayangkan beberapa dari Anda berharap dapat kembali ke masa lalu sebelum Anda menyadari bahwa Google Maps melacak Anda, atau setidaknya kembali untuk mematikan fitur lebih awal.

Sayangnya, kami tidak dapat membantu dengan itu, tetapi jika Anda ingin kembali ke Google Maps, itu dapat memungkinkan Anda untuk melihat seperti apa tempat di masa lalu.

Cukup masuk ke Street View dan di sudut kiri atas (di PC) Anda akan melihat tanggal pengambilan gambar saat ini. Dengan menekan ini, Anda dapat menggulir ke belakang selama bertahun-tahun untuk melihat seperti apa lokasi itu di berbagai titik selama dekade terakhir ini.

Baca juga: Mozilla Perbarui Firefox Relay, Simak Ulasannya Berikut

Fitur ini sebagian besar dicadangkan untuk pemandangan dari jalan raya, daripada gambar yang diunggah pengguna, dan rentang tanggal perjalanan Anda akan bervariasi.

Beberapa tempat, seperti Times Square di New York, dapat dijelajahi di lebih dari selusin waktu yang berbeda dalam dekade terakhir. Sementara itu, tempat di Yorkshire Dales di Inggris ini hanya pernah dikunjungi oleh Google sekali – sejak tahun 2009. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *