Minggu, 21 Juli 2024
Djogja Info

5 opsi pencahayaan unik untuk mengubah kamar mandi Anda

pencahayaan kamar mandi. (pixabay)
pencahayaan kamar mandi. (pixabay)
pencahayaan kamar mandi. (pixabay)
pencahayaan kamar mandi. (pixabay)

Djogjainfo – Desain kamar mandi telah berkembang pesat selama bertahun-tahun untuk meningkatkan salah satu ruang paling pribadi dan intim di rumah kita.

Pemikiran dan inovasi desain modern berusaha untuk menggabungkan estetika dan kenyamanan, menjadikannya ruang yang ramah untuk memulai hari yang segar sekaligus melepas penat di penghujung hari.

Baca juga: Cara Memilih Pohon Bonsai untuk memperindah ruangan atau taman

Salah satu bidang kemajuan terbesar dalam desain kamar mandi adalah menyesuaikan pencahayaan agar lebih sesuai dengan skema desain dan estetika Anda, yang meningkatkan suasana hati serta tingkat kenyamanan Anda.

Berikut adalah lima opsi pencahayaan menarik untuk bereksperimen yang akan mengubah rutinitas mandi harian Anda menjadi lebih baik:

Biarkan cahaya alami (atau tampak alami)

Cahaya alami selalu dipandang sebagai penerangan terbaik untuk hampir semua ruang hunian, jadi menambahkannya lebih banyak ke kamar mandi Anda sangat ideal.

Ini secara alami menghibur, melibatkan suasana hati mental Anda melalui jam tubuh Anda, dan juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Namun, sebagian besar desain rumah India menampilkan jendela kamar mandi tersembunyi, membatasi jumlah akses ke sinar matahari.

Dalam situasi ini, lampu buatan dapat meniru warna dan intensitas sinar matahari dengan tingkat kenyamanan yang sama.

Nuansa seperti pencahayaan putih alami, putih lembut, dan kuning lembut dapat membuat kamar mandi Anda tampak lebih hangat dan nyaman, sekaligus menyelaraskan dengan jam tubuh Anda dan menjaga ritme sirkadian alami tubuh Anda.

Atur lapisan pencahayaan untuk area yang berbeda

Mengatur lapisan cahaya memberi Anda pilihan khusus untuk penggunaan dan area kamar mandi yang berbeda.

Misalnya, Anda dapat mengatur lampu overhead yang lebih terang untuk meja dan area cermin Anda untuk membantu rutinitas bercukur, rias wajah, dan perawatan diri; sambil menambahkan lapisan kedua yang lebih lembut, pencahayaan sekitar yang menutupi seluruh kamar mandi ketika Anda ingin bersantai dan bersantai di bak mandi.

Tonjolkan pencahayaan Anda dengan bahan yang tepat

Pencahayaan dan efeknya sangat dipengaruhi oleh bahan bangunan di kamar mandi Anda juga. Memilih bahan yang sangat reflektif seperti marmer dan granit akan menambah aura cerah pada kamar mandi karena secara halus memperkuat cahaya yang ada.

Warna yang lebih terang juga menambah estetika yang lebih cerah, sedangkan warna yang lebih gelap memberikan kesan yang lebih nyaman pada ruangan. Memasangkan ini dengan benar akan menambah lebih banyak tampilan kamar mandi Anda.

Fasilitas Pencahayaan Kromoterapi

Pencahayaan bukan hanya pilihan ambient lagi, tetapi komponen dari banyak sistem mandi modern secara langsung. Pancuran kromoterapi, yang menggunakan pencahayaan warna berbeda sebagai bagian dari sistem pancuran, adalah cara ampuh untuk memengaruhi suasana hati Anda saat menikmati mandi.

Bereksperimen dengan ini setiap hari dapat meningkatkan pola pikir Anda dan membantu Anda menyegarkan diri setiap hari.

Bereksperimenlah dengan pencahayaan terpasang dan khusus

Sebagai ruang pribadi, kamar mandi Anda selalu terbuka untuk dimodifikasi. Pilihan pencahayaan Anda tidak perlu dibatasi pada perlengkapan konvensional – banyak yang menambahkan pengaturan lampu miniatur dengan sangat baik untuk menciptakan estetika yang Anda inginkan.

Baca juga: Jenis Sepeda: Cara Memilih Sepeda Terbaik untuk Anda

Lampu cincin adalah tambahan yang populer di kamar mandi untuk tempat rias, sementara sconce yang dipasang di samping menambahkan sentuhan klasik pada tampilan ruangan.

Bahkan menambahkan lampu menyala dan perlengkapan lilin dapat menciptakan lingkungan yang menakjubkan untuk Anda nikmati selama waktu pribadi Anda. (*)

Leave a Reply