Kesehatan

8 Manfaat yang didapatkan dari mengonsumsi jus nanas

×

8 Manfaat yang didapatkan dari mengonsumsi jus nanas

Sebarkan artikel ini
manfaat jus nanas. (pixabay)
manfaat jus nanas. (pixabay)
manfaat jus nanas. (pixabay)
manfaat jus nanas. (pixabay)

Djogjainfo – Jus nanas adalah minuman tropis yang populer. Buah nanas, berasal dari Amerika Selatan dan tanaman ditanam di negara-negara seperti Thailand, Indonesia, Malaysia, Kenya, India, Cina, dan Filipina.

Banyak budaya menggunakan buah dan jusnya sebagai obat tradisional tradisional untuk mengobati atau mencegah berbagai penyakit.

Baca juga: Manfaat Makan Cokelat Hitam, Bisa Menjaga Kebugaran

Penelitian modern telah menghubungkan jus nanas dan senyawanya dengan manfaat kesehatan, seperti peningkatan pencernaan dan kesehatan jantung, mengurangi peradangan, dan bahkan mungkin beberapa perlindungan terhadap kanker. Namun, tidak semua bukti telah konklusif.

Berikut 8 manfaat jus nanas berbasis sains, berdasarkan penelitian saat ini.

1. Kaya nutrisi

Jus nanas sangat kaya akan mangan, tembaga, dan vitamin B6 dan C. Nutrisi ini memainkan peran penting dalam kesehatan tulang, kekebalan, penyembuhan luka, produksi energi, dan sintesis jaringan.

Ini juga mengandung sejumlah kecil zat besi, kalsium, fosfor, seng, kolin, dan vitamin K, serta berbagai vitamin B.

2. Mengandung senyawa bermanfaat tambahan

Selain kaya akan vitamin dan mineral, jus nanas merupakan sumber antioksidan yang baik, yaitu senyawa tanaman bermanfaat yang membantu menjaga kesehatan tubuh Anda.

Antioksidan membantu menetralkan senyawa tidak stabil yang dikenal sebagai radikal bebas, yang dapat menumpuk di tubuh Anda karena faktor-faktor seperti polusi, stres, atau pola makan yang tidak sehat dan menyebabkan kerusakan sel.

Jus nanas juga mengandung bromelain, sekelompok enzim yang terkait dengan manfaat kesehatan, seperti mengurangi peradangan, memperbaiki pencernaan, dan kekebalan yang lebih kuat.

3. Dapat menekan peradangan

Jus nanas dapat membantu mengurangi peradangan, yang diyakini sebagai akar penyebab banyak penyakit kronis.

Ini mungkin sebagian besar karena kandungan bromelainnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa ini mungkin sama efektifnya dengan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) – tetapi dengan efek samping yang lebih sedikit.

Di Eropa, bromelain disetujui untuk digunakan untuk mengurangi peradangan yang disebabkan oleh trauma atau pembedahan, serta untuk mengobati luka bedah atau luka bakar yang dalam.

Selain itu, ada bukti bahwa menelan bromelain sebelum operasi dapat membantu mengurangi tingkat peradangan dan rasa sakit yang disebabkan oleh operasi.

Beberapa penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa bromelain dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan yang disebabkan oleh cedera olahraga, rheumatoid arthritis, atau osteoarthritis lutut.

Konon, penelitian belum menguji efek langsung jus nanas pada peradangan.

Oleh karena itu, tidak jelas apakah asupan bromelain yang dicapai melalui minum jus nanas dalam jumlah kecil hingga sedang akan memberikan manfaat anti-inflamasi yang sama seperti yang diamati dalam penelitian ini.

4. Dapat meningkatkan kekebalan Anda

Jus nanas dapat berkontribusi pada sistem kekebalan yang lebih kuat.

Studi tabung menunjukkan bahwa bromelain, campuran enzim yang secara alami ditemukan dalam jus nanas, dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh.

Bromelain juga dapat meningkatkan pemulihan dari infeksi, seperti pneumonia, sinusitis, dan bronkitis, terutama bila digunakan dalam kombinasi dengan antibiotik.

Namun, sebagian besar penelitian ini sudah ketinggalan zaman, dan tidak ada yang meneliti efek peningkatan kekebalan dari jus nanas pada manusia. Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi hasil ini.

5. Dapat membantu pencernaan Anda

Enzim dalam jus nanas berfungsi sebagai protease. Protease membantu memecah protein menjadi subunit yang lebih kecil, seperti asam amino dan peptida kecil, yang kemudian dapat lebih mudah diserap di usus Anda.

Bromelain, sekelompok enzim dalam jus nanas, secara khusus dapat membantu meningkatkan pencernaan pada orang yang pankreasnya tidak dapat membuat cukup enzim pencernaan – suatu kondisi medis yang dikenal sebagai insufisiensi pankreas.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa bromelain juga dapat membantu melindungi usus Anda dari bakteri berbahaya penyebab diare, seperti E. coli dan V. cholera.

Selain itu, menurut beberapa penelitian tabung reaksi, bromelain dapat membantu mengurangi peradangan usus pada orang dengan gangguan radang usus, seperti penyakit Crohn atau kolitis ulserativa.

Konon, sebagian besar penelitian telah menyelidiki efek dosis bromelain yang terkonsentrasi, daripada jus nanas, dan sangat sedikit yang dilakukan pada manusia. Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak penelitian.

6. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Bromelain yang secara alami ditemukan dalam jus nanas juga dapat bermanfaat bagi jantung Anda.

Uji tabung dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa bromelain dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi, mencegah pembentukan bekuan darah, dan meminimalkan keparahan angina pektoris dan serangan iskemik transien – dua kondisi kesehatan yang disebabkan oleh penyakit jantung.

Namun, jumlah penelitian terbatas, dan tidak ada yang khusus untuk jus nanas. Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak penelitian sebelum kesimpulan yang kuat dapat dibuat.

7. Dapat membantu melawan jenis kanker tertentu

Jus nanas mungkin memiliki potensi efek melawan kanker. Sekali lagi, ini mungkin sebagian besar karena kandungan bromelainnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bromelain dapat membantu mencegah pembentukan tumor, mengurangi ukurannya, atau bahkan menyebabkan kematian sel kanker.

Namun, ini adalah penelitian tabung reaksi menggunakan jumlah bromelain terkonsentrasi yang jauh lebih tinggi daripada yang Anda konsumsi dari segelas jus nanas. Hal ini membuat sulit untuk memproyeksikan hasil mereka kepada manusia.

Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak penelitian sebelum kesimpulan yang kuat dapat dibuat.

8. Dapat mengurangi gejala asma

Baca juga: 8 Manfaat Lemon untuk Kesehatan Tubuh

Jus nanas mungkin juga efektif dalam mengurangi gejala yang berhubungan dengan asma. Dalam sebuah penelitian pada hewan, para peneliti menemukan bahwa efek anti-inflamasi bromelain mungkin bermanfaat bagi orang yang hidup dengan asma.

Selain itu, nanas dan buahnya mengandung vitamin C, yang telah terbukti mengurangi bronkokonstriksi—gejala asma alergi. Dan dalam kasus serangan asma sedang hingga berat yang diperburuk oleh pilek. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *