Selasa, 18 Juni 2024
Djogja Info

9 cara yang didukung sains untuk menurunkan berat badan tanpa melakukan diet

Wanita makan. (pixabay)
Wanita makan. (pixabay)
Wanita makan. (pixabay)
Wanita makan. (pixabay)

Djogjainfo – Melakukan diet seringkali merupakan permainan yang kalah. Beberapa penelitian menunjukkan lebih dari sembilan dari setiap 10 orang yang mencoba diet akan gagal.

Bahkan orang-orang yang berhasil melakukan diet sering kali berjuang keras melawan upaya tubuh yang cerdas secara evolusioner untuk menyimpan energi ekstra.

Dikutip dari the independent, faktanya para ilmuwan telah menemukan bahwa tubuh orang yang kelebihan berat badan yang menurunkan berat badan dapat secara aktif bekerja melawan mereka: saat mereka langsing, metabolisme mereka turun, sehingga lebih sulit untuk menurunkan berat badan.

Para ahli sepakat bahwa diet ekstrem dan pembersihan jus bukanlah strategi jangka panjang untuk mempertahankan berat badan yang sehat.

Untuk itu, peringkat 2018 dari US News & World Report tentang diet terbaik menempatkan diet ketogenik yang trendi sebagai yang terakhir.

Tetapi ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk tetap langsing dan puas untuk jangka panjang.

Kami meminta ahli gizi Jason Ewoldt dari Mayo Clinic untuk ide paling sederhana untuk tetap ramping musim panas ini tanpa merasa seperti Anda sedang berjuang. Ini dia sarannya:
Tetap terhidrasi

Jika Anda tidak suka minum air, tambahkan jeruk atau minumlah yang berkarbonasi (idealnya tanpa menambahkan kalori kosong ke dalam makanan Anda).

Ewoldt mengatakan pasien sering berakhir dengan “salah mengartikan” rasa haus akan rasa lapar.

“Sering kali orang hanya tampak sedikit dehidrasi,” katanya.

Mereka semua mungkin akan lebih baik jika mereka minum sedikit lebih banyak H2O. Satu studi tahun 2016 terhadap lebih dari 18.000 orang di AS menemukan bahwa mereka yang minum lebih banyak air secara konsisten lebih puas dan makan lebih sedikit kalori setiap hari.

Mereka juga mengonsumsi gula, lemak, garam, dan kolesterol dalam jumlah yang lebih rendah daripada peserta yang lebih banyak mengalami dehidrasi.

Apa pun yang Anda minum, mungkin yang terbaik adalah menghindari pemanis buatan

Para ilmuwan mulai menemukan bahwa menyeruput gula palsu tidak membuat orang bebas dari obesitas dan diabetes.

Para ilmuwan yang mempelajari pembuluh darah tikus telah menemukan bahwa sementara gula dan pemanis buatan bekerja dengan cara yang sangat berbeda di dalam tubuh hewan, keduanya dapat meningkatkan kemungkinan mengembangkan obesitas dan diabetes.

Para peneliti berpikir bahwa pemanis buatan dapat mengacaukan cara tubuh kita memproses lemak.
Bertujuan untuk tujuh hingga delapan jam tutup mata per malam

Sebagian besar dari kita suka berpikir bahwa kita dapat beroperasi dengan baik tanpa tidur malam yang nyenyak. Tapi ahli saraf dan ahli tidur Matthew Walker mengatakan itu salah. Menurut Walker, kurang tidur benar-benar membunuh kita.

Dan itu membuat kita makan lebih banyak makanan buruk juga.

Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2013 di jurnal Nature Communications mengungkapkan bahwa orang yang kurang tidur lebih mungkin untuk meraih makanan berkalori tinggi dan menambah berat badan daripada orang yang cukup istirahat.

Itu karena mengantuk juga menunda wilayah otak yang membantu memberi tahu kita kapan kita kenyang.

Meluangkan waktu untuk menikmati sarapan dan makan siang adalah cara yang bagus untuk menghindari makan berlebihan di kemudian hari

Pasti makan sebelum Anda berisiko menjadi mudah tersinggung dan impulsif.

Sarannya hampir klise pada saat ini, tetapi semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan sarapan tetap langsing dan menghindari lemak perut yang berbahaya dibandingkan dengan orang yang tidak makan di pagi hari.

Penelitian Mayo Clinic baru-baru ini menemukan bahwa orang yang melewatkan sarapan menambah berat badan sekitar lima hingga delapan kilogram dalam satu tahun daripada orang yang biasa makan pagi.

Ewoldt mengatakan sarapan Anda tidak harus besar, tetapi Anda harus makan sesuatu untuk membantu menghindari makanan berlemak atau manis yang memicu rasa lapar.

“Saat kita lapar, kita akan memilih yang tercepat dan termudah,” katanya.

Seringkali itu diterjemahkan menjadi makanan berkalori tinggi yang diproses lebih tinggi dengan sedikit nilai gizi.

Pertimbangkan untuk memasukkan camilan pertengahan pagi dan sore hari ke dalam rutinitas harian Anda

“Jika Anda memiliki camilan kecil, sehat, mengenyangkan, Anda masih lapar untuk makan siang, Anda hanya lebih mampu mengatur pilihan,” kata Ewoldt.

Sering makan stik keju, pisang, atau sepotong buah di sore hari.

Rencanakan sebelumnya dengan memotong sayuran dan menyiapkan makanan Anda sebelum Anda lapar

Saat kita lapar, mungkin sulit untuk menolak makanan olahan, yang tidak baik untuk lingkar pinggang dan dapat menyebabkan kanker.

Ewoldt mengatakan memiliki rencana harian “membuat makan sehat menjadi lebih mudah dicapai.”

Dia mengemas makan siangnya untuk bekerja setidaknya empat hari seminggu, dan memilih makanan yang akan membuatnya puas selama berjam-jam.

Dia menyimpan roti ayam, sayuran renyah dan hummus, serta olesan guacamole agar tetap kenyang selama hari kerja.

Jadikan hari-harimu sedikit lebih gila

Kacang berlemak, cara yang bagus untuk mencegah keinginan mengidam di antara waktu makan. Baru-baru ini, para peneliti telah menemukan bahwa mereka juga merupakan sumber protein yang berpotensi menyelamatkan jiwa.

Sebuah penelitian terhadap lebih dari 81.000 orang di Amerika Utara menemukan bahwa orang yang makan hanya segenggam kacang-kacangan atau biji-bijian setiap hari mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan makan sedikit kacang juga membantu orang menurunkan kadar kolesterol LDL “jahat”. tubuh mereka.

Berolahraga di pagi hari

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang berolahraga di pagi hari dengan perut kosong dapat membakar hingga 2 persen lebih banyak lemak tubuh selama latihan mereka, karena mereka harus menggunakan lebih banyak lemak yang disimpan sebagai bahan bakar.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa berolahraga dengan perut kosong tidak akan meningkatkan nafsu makan Anda (meskipun para ilmuwan di balik penelitian itu memberi peserta studi minuman pemulihan rasa cokelat tepat setelah latihan pagi mereka selesai).

Manfaat dari olahraga teratur tidak berakhir di lingkar pinggang kita. Olahraga juga telah terbukti memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa: dapat membantu mencegah depresi dan menjaga kesehatan jantung, paru-paru, dan pikiran Anda hingga usia lanjut.

Kunyah lebih banyak biji-bijian utuh seperti quinoa dan beras merah

Biji-bijian utuh seperti gandum, gandum pecah-pecah, dan roti gandum adalah cara yang bagus untuk memuaskan nafsu makan Anda dan tetap kenyang. Plus, mereka juga kaya akan potasium, zat besi, dan vitamin B.

Makanan kaya serat ini membutuhkan lebih banyak waktu bagi tubuh untuk dipecah, dan dapat memberi kita bahan bakar selama berjam-jam. Itu membuat mereka menjadi pilihan yang lebih baik daripada biji-bijian yang diproses dan bernutrisi seperti roti putih, kue tepung, dan nasi putih.
Nikmati buah-buahan

Buah-buahan adalah cara lain yang bagus untuk memasukkan serat yang memuaskan rasa lapar ke dalam makanan Anda. Plus, mereka adalah sumber vitamin dan air yang hebat, dan bahkan dapat membantu DNA kita tetap sehat.

Ewoldt suka menaburkan beberapa buah beri ke yogurt Yunani di pagi hari untuk sarapan cepat dan sederhana.

Jika ada satu hal yang disetujui oleh para ahli gizi dan ahli makanan, yaitu kekurangan dan kebencian terhadap makanan “buruk” menyebabkan makan berlebihan dan lebih banyak diet yang gagal.

Jadi manjakan diri Anda sesekali, kata Ewoldt, asalkan tidak berlebihan. Suka kue coklat atau anggur merah? Silakan, memiliki sedikit sekarang dan kemudian.

Dia menyarankan pecinta anggur menyajikan sendiri satu gelas 5 ons (itu sekitar seperlima dari botol) dan “sangat menyesap dan benar-benar menikmatinya.”

Leave a Reply