Rabu, 22 Mei 2024
Djogja Info

Ajak Komunitas Pesepeda, Wawali Yogyakarta Berkunjung ke 4 Museum

Djogjainfo – Wakil Wali (Wawali) Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, berkeliling museum bersama komunitas sepeda Yosega di akhir tahun 2021 (31/12).

Ada empat museum yang dikunjungi oleh rombongan yaitu Museum Angkatan Darat (AD) Dharma Wiratama, Museum Sandi, Museum Sasmitaloka Jenderal Sudirman, dan terakhir adalah Museum Perjuangan Yogyakarta.

Wawali kerap bersepeda pagi tiap hari Jumat untuk berkunjung ke kampung-kampung dan silaturahmi dengan warga.

Kegiatan bersepeda tersebut juga diikuti oleh berbagai komunitas, perwakilan korporasi, akademisi dan lain sebagainya. Namun acara bersepeda kali ini yang diadakan di penghujung tahun mempunyai nuansa berbeda.

“Kegiatan bersepeda kita rutin diadakan tiap hari Jumat. bersepeda dengan komunitas-komunitas yang ada, meskipun yang ikut belum semua. Kali ini kita masuk dari museum ke museum, bagian dari upaya menunjukkan Yogyakarta mempunyai banyak museum. Ada 45 museum, di antaranya kita di Museum Perjuangan, tadi ada museum Sudirman, Museum Sandi, dan museum Angkatan darat.” kata Wawali.

“Jadi ini refleksi kita saat ini bisa menikmati, bisa bekerja dengan baik, dari museum kita bisa tahu sejarah di masa lalu. Bagaimana mereka memperjuangkan harga diri dan kemerdekaan agar kita bisa melakukan apapun untuk dirinya sendiri, untuk bangsa sendiri, dan diperuntukkan bagi bangsa Indonesia,” lanjut Wawali.

Wawali juga menjelaskan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan agar Kota Yogyakarta merdeka dari pandemi.

Protokol kesehatan merupakan aturan penting supaya pandemi dapat segera beralih menjadi endemi.

“Untuk 2022 kita harapkan apa yang kita lakukan di 2021, terutama untuk menghadapi pandemi terus dijaga keberhasilannya. Alhamdulillah sudah kita lewati meskipun belum tuntas tetapi sudah turun, tapi ada hal yang masih perlu dilakukan yaitu protokol kesehatan. Kalau protokol kesehatan kita lakukan di tiap kegiatan, kita bisa melewati betul pandemi. Kasus sudah demikian rendah, semoga kita sudah masuk ke masa endemi,” tutur Wawali. (*)

Leave a Reply