Selasa, 18 Juni 2024
Djogja Info

Android Auto tidak berfungsi di Samsung Galaxy S22? Berikut cara memperbaikinya

samsung galaxy s22. (youtube)
samsung galaxy s22. (youtube)

Djogjainfo – Smartphone Samsung Galaxy S22 tidak diragukan lagi merupakan perangkat yang sangat baik, dengan pembangkit tenaga listrik S22 Ultra saat ini merupakan salah satu ponsel terbaik di tahun 2022. (Techradar, 26/6)

Tetapi untuk semua kekuatan seri S22, satu kelemahan telah menjangkiti perangkat lini ini sejak diluncurkan, yaitu konektivitas kabel Android Auto-nya berkisar dari buruk hingga sama sekali tidak dapat digunakan bagi banyak pengguna.

Baca juga: Pembaruan besar WhatsApp, memperbaiki masalah besar bagi pecinta pesan suara

Namun kinerja Android Auto seperti slideshow pada S22 Ultra yang secara rutin akan membeku, stutter atau lag saat digunakan (bahkan jika berhasil terhubung di tempat pertama). Ini sangat membuat frustrasi selama navigasi Google Maps, yang menyebabkan belokan yang terkadang terlewatkan.

Sementara Google memang berusaha untuk memperbaiki masalah dengan pembaruan v7.7 Android Auto, itu berhasil membawa masalah baru bagi mereka yang sebelumnya tidak terpengaruh, dengan banyak pengguna melaporkan layar hitam setelah koneksi.

Untuk alasan apa pun, pembaruan v7.7 tidak diluncurkan ke perangkat penulis ini, mungkin karena lokasi geografisnya di Australia, membuat perangkat lunak Android Auto mendekam di v7.6. Tentu saja, tidak ada jaminan bahwa pembaruan v7.7 akan menyelesaikan masalah tersebut meskipun telah diinstal.

Untungnya, ada cara bagi pengguna Samsung Galaxy S22 untuk melewati Android Auto v7.7 sepenuhnya dan langsung ke versi beta v7.8 – dan Anda bahkan tidak perlu menjadi bagian dari program pengujian beta Google untuk melakukannya dia.

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu melakukan sideload APK (Android Package Kit) dari Android Auto versi beta terbaru. Menginstal aplikasi dengan cara ini benar-benar memperbaiki masalah Anda, dan sangat mudah dilakukan pada saat itu.

Berikut cara memperbaiki Android Auto di perangkat Galaxy S22 Anda.

Memasang APK di handset Android Anda

Jika Anda tipe yang sangat gugup, Anda mungkin ingin membuat cadangan Samsung Galaxy S22 Anda sebelum menginstal APK dari sumber luar.

Karena itu, APK untuk dipasang adalah versi beta sah yang dibuat oleh Google LLC dan telah diverifikasi aman oleh situs host terkemukanya, APKMirror.

Untuk menginstal Android Auto 7.8.1222 beta, di browser internet ponsel cerdas Anda, lalu ketuk tombol besar ‘Unduh APK’. Anda mungkin mendapatkan pesan di bawah tombol yang menyatakan bahwa “Unggahan yang lebih baru mungkin tersedia”, tetapi untuk saat ini lanjutkan dengan Android Auto 7.8.1222.

Sebuah pop-up akan muncul memperingatkan Anda bahwa “jenis file ini dapat membahayakan ponsel Anda” dan bahwa Anda harus “hanya mengunduh file ini jika Anda memercayai sumbernya.” Karena kami telah menginstal APK ini dan dapat memverifikasi bahwa itu memang aman, ketuk ‘Unduh’ untuk mulai menginstal file 35,58MB.

Jika ini adalah APK pertama yang Anda coba instal di S22 Anda, sebuah pop-up akan muncul meminta Anda untuk memberikan izin ke browser Anda untuk membiarkannya melanjutkan penginstalan. Setelah Anda memberinya izin, penginstalan akan selesai dalam hitungan detik.

Android Auto 7.8 (versi beta)

Proses ini seharusnya sekarang telah menginstal Android Auto versi 7.8 beta, menimpa versi aplikasi sebelumnya yang mungkin telah Anda instal.. Untuk memastikan bahwa itu telah berhasil diinstal, mulai ulang perangkat Anda.

Setelah sepenuhnya dimulai ulang, buka aplikasi ‘Pengaturan’ di ponsel Anda dan gulir ke bawah ke ‘Fitur Lanjutan’.

Selanjutnya, ketuk ‘Android Auto’ untuk membuka pengaturan aplikasi dan kemudian gulir ke bawah ke bagian bawah halaman untuk melihat nomor versi aplikasi. Jika berhasil diinstal, Anda akan melihat Versi 7.8.122233-release.daily sebagai versi Android Auto ponsel Anda saat ini.

Dan hanya itu yang harus Anda lakukan! Menginstal versi ini sepenuhnya menyelesaikan kinerja Android Auto S22 Ultra yang buruk, membawa aplikasi kembali ke kejayaannya. Untuk melihat apakah itu berhasil untuk Anda, pergilah ke mobil Anda dan uji sendiri.

Karena ini adalah versi beta dari Android Auto, handset Anda kemungkinan akan diperbarui secara otomatis ke versi yang lebih baru setelah tersedia untuk umum.

Baca juga: Update Google Maps, Membantu Bisnis Anda untuk Menghindari Pelanggan Kecele

Tentu saja, Anda dapat mencegahnya dengan membuka daftar Android Auto di Google Play Store, lalu mengetuk ikon tiga titik di sudut kanan atas dan menghapus centang pada opsi ‘Aktifkan pembaruan otomatis’.

Namun, kami menyarankan untuk membiarkannya untuk sementara waktu, karena Android Auto akan menerima desain ulang besar-besaran dalam beberapa bulan mendatang yang menawarkan antarmuka yang ditingkatkan yang secara otomatis diskalakan untuk semua ukuran layar mobil. (*)

Leave a Reply