Senin, 24 Juni 2024
Djogja Info

Apa saja manfaat air mentimun untuk kesehatan?

manfaat air timun untuk kesehatan. (pixabay)
manfaat air timun untuk kesehatan. (pixabay)
manfaat air timun untuk kesehatan. (pixabay)
manfaat air timun untuk kesehatan. (pixabay)

Djogjainfo – Air mentimun memiliki banyak manfaat kesehatan potensial, termasuk hidrasi, penurunan berat badan, menurunkan tekanan darah, dan kesehatan kulit.

Mudah dibuat dan merupakan pengganti yang sangat baik untuk air vitamin yang populer dan manis.

Air mentimun adalah cara yang murah, cepat, dan beraroma untuk minum dan menikmati air. Mentimun mengandung berbagai vitamin, antioksidan, dan nutrisi lain yang dapat membantu mencegah berbagai kondisi, termasuk kanker dan diabetes, serta menjaga kesehatan tulang, kulit, dan otot.

Manfaat air mentimun

Berikut ini adalah beberapa manfaat air mentimun:

Hidrasi

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), tubuh manusia membutuhkan air yang cukup untuk berfungsi dengan baik dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Wanita perlu minum 2,2 liter (9 gelas), dan pria membutuhkan 3 liter (13 gelas) air setiap hari.

Kebutuhan cairan seseorang dapat meningkat ketika banyak berkeringat, berolahraga, atau kehilangan cairan karena sakit atau suhu panas.

Minum air mentimun diperhitungkan dalam asupan air harian seseorang, dan mentimun menambah rasa ekstra untuk menghibur selera.

Penurunan berat badan

Soda manis, jus, dan minuman olahraga tinggi kalori dan gula. Air mentimun, di sisi lain, memiliki hampir nol kalori.

Hal ini memungkinkan seseorang untuk menikmati minuman rasa tanpa menambahkan kalori kosong.

Selain itu, beberapa orang mungkin bingung antara haus dan lapar dan akhirnya ngemil atau makan berlebihan padahal yang mereka butuhkan hanyalah segelas air.

Saat merasa lapar, minumlah segelas air mentimun terlebih dahulu, untuk melihat apakah rasa laparnya hilang.

Menjadi terhidrasi dengan baik juga dapat membantu seseorang merasa kenyang, menyelamatkan mereka dari ngemil yang tidak perlu.

Antioksidan

Kerusakan oksidatif dapat menyebabkan semua jenis penyakit, termasuk kanker, diabetes, dan penyakit jantung. Antioksidan membantu mencegah dan menunda kerusakan sel akibat stres oksidatif.

Mentimun kaya akan antioksidan dan nutrisi lainnya. Dengan menambahkannya ke air, mereka membuat segelas air lebih bergizi dan kaya antioksidan.

Tekanan darah

Diet tinggi natrium dan rendah kalium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, jadi memasukkan kalium dalam makanan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Mentimun adalah sumber potasium yang sangat baik, menjadikan air mentimun sebagai cara yang baik untuk menambahkan lebih banyak potasium ke dalam tubuh, menciptakan keseimbangan sodium-potassium yang lebih baik, dan berpotensi menurunkan tekanan darah.

pencegahan kanker

Mentimun kaya akan flavonoid yang dapat membantu melawan kanker. Menurut sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Cancer Research, diet flavonoid fisetin yang ditemukan dalam mentimun mungkin dapat memperlambat perkembangan kanker prostat.

Kesehatan otot

Kalium adalah kunci energi otot dan dapat membantu pemulihan otot. Mentimun adalah sumber potasium yang baik, membuat air mentimun menjadi pilihan yang baik untuk orang yang aktif dan orang-orang dengan nyeri otot.

Kulit sehat

Hidrasi yang tepat dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dan menjaga kesehatan kulit. Mentimun juga kaya akan vitamin B, yang dapat membantu mengatasi jerawat dan masalah kulit lainnya.

Kesehatan tulang

Mentimun mengandung vitamin K tingkat tinggi. Vitamin K sangat penting untuk membantu tubuh membentuk protein untuk membuat tulang dan jaringan yang sehat.

Ini dapat meningkatkan kekuatan tulang, mengurangi patah tulang, dan bermanfaat bagi mereka yang menderita osteoporosis. (*)

Leave a Reply