Selasa, 18 Juni 2024
Djogja Info

Apa saja manfaat sayur kale untuk kesehatan?

Manfaat sayur kale. (Istimewa)
Manfaat sayur kale. (Istimewa)
Manfaat sayur kale. (Istimewa)
Manfaat sayur kale. (Istimewa)

Djogjainfo – Daun kale adalah sayuran hijau, berdaun yang kaya akan nutrisi. Sayur Ini mungkin menawarkan berbagai manfaat kesehatan bagi seluruh tubuh.

Kale adalah anggota keluarga mustard, atau Brassicaceae, seperti halnya kubis dan kubis Brussel.

Kemungkinan manfaat yang didapatkan termasuk membantu mengelola tekanan darah, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan melindungi terhadap kanker dan diabetes tipe 2.

Manfaat

Kale mengandung serat, antioksidan, kalsium, vitamin C dan K, zat besi, serta berbagai macam nutrisi lainnya yang dapat membantu mencegah berbagai gangguan kesehatan.

Antioksidan membantu tubuh membuang racun yang tidak diinginkan yang dihasilkan dari proses alami dan tekanan lingkungan.

Racun ini, yang dikenal sebagai radikal bebas, adalah molekul yang tidak stabil. Jika terlalu banyak menumpuk di dalam tubuh, mereka dapat menyebabkan kerusakan sel.

Kesehatan tulang

Kalsium dan fosfor sangat penting untuk pembentukan tulang yang sehat.

Beberapa penelitian telah menyarankan bahwa asupan vitamin K yang tinggi dapat membantu mengurangi risiko patah tulang.

Kale yang dimasak menyediakan hampir lima kali lipat kebutuhan harian orang dewasa akan vitamin K, sekitar 15-18% dari kebutuhan kalsium mereka, dan sekitar 7% dari kebutuhan fosfor harian.

Pencernaan

Kale kaya akan serat dan air, keduanya membantu mencegah sembelit dan meningkatkan keteraturan dan saluran pencernaan yang sehat.

Kulit dan rambut

Kale adalah sumber beta-karoten yang baik, karotenoid yang diubah tubuh menjadi vitamin A sesuai kebutuhan.

Beta-karoten dan vitamin A diperlukan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Tubuh menggunakan vitamin C untuk membangun dan memelihara kolagen, protein yang menyediakan struktur untuk kulit, rambut, dan tulang. Vitamin C juga hadir dalam kangkung.

Secangkir kangkung yang dimasak menyediakan setidaknya 20% dari kebutuhan harian seseorang akan vitamin A dan lebih dari 23% dari kebutuhan harian untuk vitamin C.

Kesehatan mata

Kale mengandung lutein dan zeaxanthin, kombinasi antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia.

Vitamin C, vitamin E, beta-karoten, dan seng juga berperan dalam kesehatan mata. (*)

Leave a Reply