Sabtu, 13 Juli 2024
Djogja Info

Berapa Lama Waktu Ideal Menonton TV atau Menggunakan Ponsel Bagi Anak?

Berapa Lama Waktu Ideal Menonton TV atau Menggunakan Ponsel Bagi Anak? (pixabay)
Berapa Lama Waktu Ideal Menonton TV atau Menggunakan Ponsel Bagi Anak? (pixabay)

Djogjainfo – Waktu ideal menonton TV atau memakai ponsel bagi anak sangat penting dipahami oleh orang tua. Sebab jika berlebihan maka bisa memberikan dampak yang negatif.

Banyak orang tua merasa bersalah karena memakai ponsel untuk mengalihkan perhatian anak, terutama saat waktu makan.

Dilansir dari Indianewstoday, penelitian beru menyebut ada korelasi antara perilaku impulsif anak terkait waktu menatap layar dan waktu tidur.

Penelitian tersebut dilakukan oleh Healthy Active Living and Obesity Research Group (HALO) di Ottawa dengan menganalisis sekitar 5 ribu anak.

Penulis utama dalam penelitian itu mengungkapkan perilaku impulsif dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan dan kecanduan.

Sejumlah masalah kesehatan itu di antaranya gangguan makan, dan kecanduan perilaku.

Kesimpulan dari penelitian itu menyebut anak-anak memerlukan waktu minimal 60 menit untuk olahraga sedang hingga berat setiap hari.

Dalam Pedoman Gerakan 24 Jam untuk anak dan remaja di Kanada pun memberi rekomendasi supaya tidur selama 9 sampai 10 jam setiap malam.

Kemudian untuk waktu menggunakan ponsel atau menonton televisi tidak lebih dari dua jam dalam sehari.

Sejumlah ahli pun meyakini ketika anak mengikuti pedoman tersebut maka bisa membantu membuat keputusan yang lebih baik dan tidak terlalu gegabah dibanding anak yang tidak mematuhinya. (*)

Baca juga:

Leave a Reply