Senin, 24 Juni 2024
Djogja Info

Bertemu Dubes Inggris, Muhammadiyah Sampaikan 3 Hal Penting

dok. Muhammadiyah
dok. Muhammadiyah
dok. Muhammadiyah
dok. Muhammadiyah

Djogjainfo, Yogyakarta – Duta Besar Inggris Owen Jenkins mengunjungi kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Selasa (21/6).

Disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir bahwa kunjungan tersebut dilakukan untuk tiga hal.

Baca juga: Timbulkan Keberanian Siswa Dengan Ikut Olimpiade

Pertama, menjalin hubungan yang selama ini sudah bagus dan berjalan baik antara Muhammadiyah dengan kedutaan besar UK.

Kedua, meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan, kesehatan yang juga sudah berlangsung lama.

“Dan kita mencari langkah-langkah baru termasuk Dubes Inggris akan menghubungkan dengan lembaga-lembaga keagamaan di Inggris sehingga terjalin kerja sama yang baik bukan hanya dengan Pemerintah inggris tapi juga lembaga keagamaan dan lembaga kemasyarakatan di Inggris,” ungkap Haedar.

Ketiga, PP Muhammadiyah menyampaikan tentang kondisi Muhammadiyah dan Umat Islam Indonesia yang moderat, modern, pecinta damai, toleran dan menjunjung tinggi pluralitas.

Haedar mencontohkan aksi nyata yang dilakukan Muhammadiyah di Papua, NTT, maupun timur Indonesia lainnya yang gerakannya non diskriminasi juga tida memandang budaya, agama, suku, ras, dll.

Haedar pun berterima kasih atas kunjungan yang dilakukan Dubes Inggris hari ini. “Kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya mudah-mudahan bisa meningkat lagi kami kemudian mengundang yang mulia untuk berkunjung ke beberapa Universitas dan sekolah Muhammadiyah termasuk Madrasah Mu’allimin Yogyakarta,” tutur Haedar.

Sementara itu, Owen mengatakan bahwa ini adalah kunjungannya yang pertama kepada Muhammadiyah dan sangat berterima kasih atas jamuannya hari ini.

Baca juga: 1 Syawal 1443 H: Menebar Mozaik Hikmah dan Nilai Utama

Memang Dubes Inggris dan Muhammadiyah memiliki kerja sama yang terjalin sudah cukup lama dan semakin meningkat.

“Kami amat sangat menyambut baik komitmen Muhammadiyah yang dalam menjaga pluralisme, mendukung kesejahteraan masyarakat Indonesia, dan juga toleransi. Dan dalam bidang perubahan iklim kami sangat menghormati dan mengapresiasi langkah-langkah yang diambil pihak Muhammadiyah dalam menjaga lingkungan,” paparnya. (rls)

Leave a Reply