Senin, 24 Juni 2024
Djogja Info

Buah yang bisa dimanfaatkan untuk obat asam urat

buah untuk obat asam urat. (pixabay)
buah untuk obat asam urat. (pixabay)
buah untuk obat asam urat. (pixabay)
buah untuk obat asam urat. (pixabay)

Djogjainfo – Beberapa buah diketahui bisa dimanfaatkan untuk meredakan serangan asam urat. Buah-buah ini pun mudah ditemukan di rumah atau lingkungan sekitar.

Sakit asam urat merupakan jenis radang sendi yang menyebabkan rasa sakit yang mirip dengan osteoartritis, meskipun ada beberapa perbedaan.

Baca juga: Berapa kali seminggu Anda harus berolahraga dan berapa lama?

Penyakit ini disebabkan karena penumpukan asam urat yang tinggi dalam darah. Asam urat kemudian menumpuk di persendian, menyebabkan peradangan disertai rasa tidak nyaman dan nyeri.

Dikutip dari Healthline, berikut beberapa buah yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati asam urat.

Ceri atau jus ceri asam

Menurut survei 2016 Sumber Tepercaya, ceri (apakah asam, manis, merah, hitam, dalam bentuk ekstrak, sebagai jus, atau mentah) adalah obat rumahan yang sangat populer dan berpotensi berhasil bagi banyak orang.

Satu studi 2012 dan lainnya pada tahun yang sama juga menyarankan ceri dapat bekerja untuk mencegah serangan asam urat.

Penelitian ini merekomendasikan tiga porsi bentuk ceri apa pun selama periode dua hari, yang dianggap paling efektif.

Air hangat dengan cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit

Cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit masing-masing sering direkomendasikan secara anekdot untuk asam urat. Bersama-sama, mereka membuat minuman dan obat yang menyenangkan.

Tidak ada penelitian kuat yang mendukung cuka sari apel untuk asam urat, meskipun penelitian menunjukkan itu dapat mendukung ginjal. Jika tidak, penelitian menjanjikan jus lemon dan kunyit untuk menurunkan asam urat.

Campurkan jus dari satu perasan setengah lemon ke dalam air hangat. Campurkan dengan 2 sendok teh kunyit dan 1 sendok teh cuka sari apel. Sesuaikan dengan selera. Minum dua sampai tiga kali sehari.

Apel

Situs kesehatan alami mungkin merekomendasikan apel sebagai bagian dari diet penurun asam urat. Klaim: Apel mengandung asam malat, yang menurunkan asam urat.

Namun, tidak ada penelitian yang mendukung ini untuk asam urat. Apel juga mengandung fruktosa, yang dapat memicu hiperurisemia, yang menyebabkan penyakit asam urat.

Makan satu apel per hari baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Ini mungkin sedikit bermanfaat untuk asam urat, tetapi hanya jika tidak menambah konsumsi gula harian yang berlebihan.

Pisang

Pisang dianggap baik untuk asam urat. Mereka kaya potasium, yang membantu jaringan dan organ dalam tubuh berfungsi dengan baik.

Baca juga: 9 cara yang didukung sains untuk menurunkan berat badan tanpa melakukan diet

Pisang juga mengandung gula, termasuk fruktosa, yang bisa menjadi pemicu asam urat. Banyak makanan yang lebih tinggi kalium dan lebih rendah gula daripada pisang, seperti sayuran berdaun gelap dan alpukat.

Makan satu pisang per hari untuk mendapatkan manfaat. Belum ada penelitian yang mendukung manfaat pisang untuk asam urat.(*)

Leave a Reply