Rabu, 22 Mei 2024
Djogja Info

Cara melindungi rambut dari panas di musim kemarau

cara melindungi rambut dari panas matahari. (pixabay)
cara melindungi rambut dari panas matahari. (pixabay)
cara melindungi rambut dari panas matahari. (pixabay)
cara melindungi rambut dari panas matahari. (pixabay)

Djogjainfo – Saat bulan Juli dan Agustus, matahari yang terik membayangi kepala kita. Sebanyak yang kita inginkan, tidak mungkin untuk berhibernasi dan tinggal di rumah dalam kenyamanan AC kesayangan kita sepanjang hari.

Tapi pergi ke bawah sinar matahari berarti menundukkan diri Anda pada kemungkinan korban pada kesehatan fisik Anda, serta kesehatan kulit.

Sinar matahari langsung memiliki banyak manfaat, tetapi seperti yang lainnya, segala sesuatu yang berlebihan dapat berakibat buruk dan dapat menyebabkan potensi kerusakan.

Kerusakan ini datang dalam beberapa bentuk. Mulai dari dehidrasi, pemanasan tubuh hingga menyebabkan alergi kulit (disebabkan oleh paparan sinar matahari), serta kerusakan rambut sampai batas tertentu.

Biasanya, orang meremehkan efek terik matahari pada rambut seseorang. Ketika rambut Anda terlalu terpapar sinar matahari, tanpa perlindungan dan perhatian apa pun, itu bisa menjadi kasar dan kekurangan komponen penting yang diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kilau rambut.

Tapi orang mungkin bertanya, kerusakan seperti apa yang bisa menyebabkan panas pada rambut? Jawabannya sederhana, setiap kali seseorang merasakan keinginan untuk menggaruk kepala karena gatal, anggap itu sebagai tanda rambut dan kulit kepala rusak.

Dan tidak hanya berhenti di situ! Panas dapat merusak rambut Anda ke tingkat yang jauh lebih besar dan menyebabkan masalah rambut seperti rambut bercabang, rambut kering dan kusut, rambut rontok, ketombe, kulit kepala terkelupas dan dalam kasus yang ekstrim bahkan perubahan warna.

Berikut adalah beberapa cara yang mudah dan kecil yang merupakan batu loncatan menuju tujuan akhir yakni rambut bisa tetap sehat saat musim kemarau.

1. Apakah sampo Anda benar-benar cocok untuk Anda? Sampo sarat dengan banyak bahan kimia yang dapat menyebabkan kerusakan ekstrem pada rambut Anda dalam jangka panjang alih-alih memperbaikinya.

Hal terpenting dalam perawatan rambut adalah menggunakan sampo yang memenuhi kebutuhan Anda dengan baik, dan tetap mengingat alergi Anda.

Selain itu, karena bahan kimia yang berlebihan di sebagian besar sampo, Anda pasti akan mendapat manfaat lebih banyak dari bahan-bahan alami dan produk herbal/organik.

2. Apakah suplai air yang Anda terima sehat untuk kulit dan rambut Anda? Kita semua pernah mendengar tentang masalah air keras dan lunak, tetapi apakah kita benar-benar menyadarinya?

Air sadah adalah jenis air dengan banyak garam alami dari magnesium dan kalsium yang dicampur yang memberikan rasa lengket dan meninggalkan efek kasar pada kulit dan rambut.

Berbagai pelembut air tersedia di internet dan di pasaran, yang dapat digunakan dan membuat perbedaan yang mengejutkan tidak hanya pada rambut, tetapi juga pada kulit.

Tip yang bermanfaat adalah membilas rambut Anda dengan air dingin yang lembut setelah Anda mandi, untuk membantunya tetap sejuk dan berkilau secara alami.

3. Minyak: Ingat ibu kita mengajarkan kita di masa kanak-kanak untuk meminyaki rambut, sesuatu yang kita benci karena teksturnya yang lengket dan akibatnya berminyak? Ternyata, ibu kita benar.

Minyak membantu membentuk perisai pelindung tipis di atas rambut yang mencegahnya bergesekan satu sama lain (yang akan menyebabkan kerusakan akibat gesekan).

Minyak juga melindungi rambut dari kekusutan dan memelihara kulit kepala yang membantu menjaga kekuatan akar, warna rambut dan hidrasi kulit dan rambut.

Di musim panas, minyak terbaik adalah Minyak Kelapa, yang memiliki efek mendinginkan laut; dan minyak Mint, lebih dikenal sebagai Menthol yang, secara harfiah, memberikan efek dingin.

4. Ada peretasan kecil lainnya yang bisa sangat membantu dalam melindungi rambut Anda. Mengenakan syal adalah salah satu diantara mereka.

Melindungi rambut dan kulit kepala Anda dari sinar UV yang berbahaya dengan menggunakan pelindung fisik seperti syal atau payung jelas merupakan peretasan yang hebat dan salah satu cara terbaik untuk melindunginya.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat menggunakan perawatan rambut yang mengandung SPF yang benar-benar tersedia di toko yang sadar akan kulit dan rambut.

5. Terakhir, Anda harus memastikan untuk memasukkan sejumlah buah dan sayuran dari semua warna dalam diet Anda sehingga Anda mendapatkan antioksidan yang sangat dibutuhkan untuk mencegah kerusakan oksidatif.

Meskipun daftarnya tidak ada habisnya, peretasan kecil dan bermanfaat ini dapat menerangi musim panas Anda dan membuat kepala Anda tetap tinggi dan bersinar. (*)

Leave a Reply