Selasa, 25 Juni 2024
Djogja Info

Cara Memilih Pohon Bonsai untuk memperindah ruangan atau taman

cara memilih bonsai. (pixabay)
cara memilih bonsai. (pixabay)
cara memilih bonsai. (pixabay)
cara memilih bonsai. (pixabay)

Djogjainfo – Ada banyak jenis Bonsai untuk ditempatkan di dalam ruangan. Meskipun banyak orang memilih pohon Bonsai tergantung pada tampilannya yang menarik, penting bagi Anda untuk memilih Bonsai yang tepat untuk lingkungan tempat ia berada.

Jadi, jika Anda membutuhkan bantuan tentang cara memilih Bonsai, berikut beberapa tipsnya.

1. Ukuran

Salah satu hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan saat membeli pohon Bonsai adalah di mana Anda akan meletakkannya.

Ini penting karena pohon Bonsai bisa datang dalam banyak ukuran yang berbeda dan oleh karena itu Anda perlu membeli satu yang akan tumbuh dengan ukuran yang tepat untuk ruang Anda meletakkannya.

Misalnya Anda bisa memiliki pohon Bonsai kecil seperti pohon bonsai Mame yang tumbuh hingga 10cm (4 inci). Di sisi lain jika Anda ingin mengisi ruang yang lebih besar, pohon Bonsai Elm Cina (Ulmus Parviflora) bisa terlihat sangat bagus.

2. Lingkungan di mana ia akan ditempatkan

Meskipun sebagian besar pohon Bonsai dalam ruangan membutuhkan banyak cahaya dan perlindungan dari embun beku, beberapa memerlukan kondisi yang lebih spesifik dan ketika membeli pohon Bonsai Anda, Anda harus mempertimbangkan hal ini.

Berikut adalah beberapa kondisi umum di mana pohon Bonsai dapat ditempatkan dan tanaman terbaik untuk lingkungan tersebut.

– Posisikan dengan banyak pohon bonsai giok yang terang (Crassula ovata) dan pohon bonsai plum manis Cina (Sageretia theezans).

– Di ruangan yang mendapat kehangatan pohon bonsai teh Oriental (Carmona microphylla)

– Menerima sinar matahari di pagi dan sore hari bonsai Chinese Elm (Ulmus Parviflora)

– Posisi cukup terang tetapi tidak terkena sinar matahari langsung Ara pohon bonsai (Ficus retusa)

– Penyiraman teratur pohon bonsai Giok tidak penting (Crassula ovata)

3. Sesuai keahlian

Tergantung pada varietas pohon Bonsai, beberapa bisa lebih mudah tumbuh daripada yang lain.

Jika Anda seorang pemula dan tidak memiliki banyak pengalaman menanam Bonsai, varietas seperti pohon bonsai ara (Ficus retusa), pohon bonsai Payung Hawaii Dwarf (Schefflera arboricola) dan pohon bonsai Juniper Cina (Juniperus) sangat populer.

Mereka dapat beradaptasi dengan berbagai iklim dan tidak memerlukan rezim perawatan yang ketat untuk bertahan hidup. Namun, jika Anda mencari pohon Bonsai yang lebih maju, Seribu Bintang adalah pohon yang indah untuk tumbuh.

4. Membeli tanaman yang sehat

Tip kunci untuk menumbuhkan pohon yang sehat, adalah membeli yang sehat untuk memulai. Berikut adalah hal-hal penting yang harus diperhatikan saat membeli pohon untuk memutuskan apakah itu Bonsai yang baik dan sehat.

– Cabang: Bonsai yang sehat tidak boleh memiliki cabang yang bersilangan dan memiliki persebaran cabang yang merata di seluruh bentuk pohon.

– Daun: daun pada Bonsai harus berwarna hijau cerah dan sehat. Tak satu pun dari daun harus mengering atau terlihat tidak berwarna.

– Akar: akarnya harus sedikit mencuat dari tanah tetapi ditambatkan ke dalam pot dengan aman.

– Batang: batang harus lebih tebal di bagian bawah daripada di bagian atas. Permukaan batang harus halus. (*)

Leave a Reply