Senin, 24 Juni 2024
Djogja Info

Cara mengatasi pori-pori tersumbat dan jerawat akibat minyak dan keringat berlebih

Jerawat dan pori-pori kulit. (pixabay)
Jerawat dan pori-pori kulit. (pixabay)
Jerawat dan pori-pori kulit. (pixabay)
Jerawat dan pori-pori kulit. (pixabay)

Djogjainfo – Variasi cuaca, tingkat kelembapan yang tinggi, dan keringat berlebih dapat membahayakan kesehatan kulit Anda.

Sepanjang tahun ini, masalah kulit termasuk jerawat dan kulit berminyak lebih sering terjadi.

Baca juga: 5 Cara membuat kulit wajah glowing

Masalah dengan musim ini adalah keringat yang banyak dapat menyumbat pori-pori kulit Anda dengan minyak, kotoran, dan kotoran, meningkatkan peluang Anda terkena jerawat.

Masuk akal mengapa banyak yang mengklaim bahwa masalah kulit mereka menjadi lebih buruk selama akhir musim panas.

Untuk mengatasi masalah yang terkait dengan kulit berminyak, sangat penting untuk memiliki program perawatan kulit yang konsisten dan dipertimbangkan dengan cermat.

Untuk jerawat atau wabah yang disebabkan oleh cuaca lembab, cobalah pengobatan berikut ini.

1. Cuci muka dengan ringan

Cara ini adalah komponen perawatan kulit yang baik yang hampir tidak bisa dihindari.

Anda harus mencuci muka lebih teratur karena kelembaban meningkat dan menyebabkan kotoran, keringat, minyak, dan sisa riasan menyumbat pori-pori, sehingga menimbulkan jerawat, komedo, dan komedo putih.

Gunakan pembersih wajah yang lembut atau pembersih tanpa sabun dua hingga tiga kali sehari yang mengandung komponen alami seperti nimba, tulsi, dan kunyit.

Alhasil, pori-pori di kulit wajah Anda akan bebas bernafas. Pembersih berbasis air akan menjadi pilihan yang baik!

2. Pengelupasan lembut

Langkah rutin perawatan kulit penting lainnya melibatkan pengelupasan kulit yang lembut atau scrubbing ringan, dua kali seminggu akan menghilangkan racun, membersihkan sel-sel kulit mati dan menghindari infeksi, yang membuat kulit Anda terlihat lebih cerah dan bercahaya.

Bukan itu saja! Saat mengelupas kulit Anda, Anda secara efektif membuka pori-pori Anda, yang berarti selamat tinggal pada komedo putih, komedo hitam, dan noda lainnya, yaitu jerawat.

Faktanya, ini adalah cara terbaik untuk memerangi kulit berminyak dan berminyak.

Jadi, gunakan scrub wajah berbahan dasar nimba dan tulsi untuk menghilangkan minyak berlebih dan kotoran dari kulit serta membuatnya lembut dan halus.

3. Jangan lupa pakai SPF (Sun Protection Factor)

Anda harus selalu mengoleskan tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari berbagai sumber radiasi UV, apakah Anda pergi ke luar atau bekerja dari rumah, dan apakah itu cerah atau tidak.

Tabir surya melindungi kulit Anda dari sinar UVA dan UVB yang berbahaya, yang dapat menurunkan risiko kulit terbakar, tanning, dan penuaan dini.

Pilih tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi yang tidak berminyak, tahan air, dan tahan keringat.

4. Melembabkan dan menghidrasi

Banyak orang yang memiliki kulit berminyak percaya bahwa mereka tidak boleh menggunakan pelembab karena akan memperburuk masalah mereka.

Tapi pelembab juga diperlukan untuk kulit berminyak. Pelembap yang tepat akan mengunci hidrasi alami kulit dan menyehatkannya.

Selain itu, memberikan kelembapan yang cukup pada kulit Anda selama musim ini akan membantu Anda menghindari kerutan dan menjaga kulit Anda tetap bercahaya.

Selain itu, mendapatkan cukup air akan membuat kulit Anda terhidrasi dan kuat dari dalam ke luar.

5. Make up minimal

Riasan mengalami kehancuran seperti biasanya saat hujan. Lapisan riasan tidak boleh dipakai di luar karena ini.

Baca juga: Jenis Sepeda: Cara Memilih Sepeda Terbaik untuk Anda

Namun, tidak perlu khawatir berlebihan. Dengan membuat beberapa penyesuaian kecil pada perlengkapan rias khas Anda, Anda mungkin dapat menghindari hujan.

Pilih riasan yang ringan dan tahan air, dan jangan lupa untuk menghapusnya dengan pembersih lembut yang mengandung tulsi dan nimba sebelum tidur untuk mencegah penyumbatan pori dan jerawat. (*)

Leave a Reply