Selasa, 18 Juni 2024
Djogja Info

Cara mengedit foto di Google Photos

cara mengedit foto. (pixabay)
cara mengedit foto. (pixabay)
cara mengedit foto. (pixabay)
cara mengedit foto. (pixabay)

Djogjainfo – Ingin tahu cara mengedit foto Anda di Google Photos? Dari filter AI otomatis hingga penggeser penyesuaian manual, platform pencadangan foto cloud Google menampilkan berbagai opsi pengeditan.

Alat bawaan ini dirancang untuk membantu Anda mendapatkan hasil terbaik dari bidikan Anda hanya dalam beberapa klik.

Baca juga: Apple: fitur privasi iPhone tetap aktif di tengah pertempuran dengan jaringan telepon

Google Photos adalah salah satu opsi cadangan favorit kami untuk menyimpan perpustakaan gambar Anda secara online dengan aman.

Dengan akses lintas platform yang mudah, paket penyimpanan yang terjangkau, dan alat yang berguna untuk mengatur jepretan Anda, Google Photos memungkinkan Anda mencadangkan foto dengan mudah dan aman di cloud.

Google Photos juga memungkinkan Anda dengan mudah mengedit gambar apa pun yang disimpan di perpustakaan online Anda.

Lebih dari sekadar depot untuk foto Anda, layanan pencadangan Google menampilkan rangkaian terintegrasi dari alat penyesuaian yang dapat diakses, termasuk berbagai opsi otomatis untuk pengeditan satu klik yang efektif.

Ini bukan aplikasi pengeditan foto yang lengkap, jadi Anda tidak akan menemukan opsi penyesuaian lebih lanjut yang ditawarkan. Tidak ada kurva RGB atau alat masking, misalnya.

Sebaliknya, Foto Google berfokus untuk membuat pengeditan gambar yang efektif mudah dicapai, sering kali menggunakan kecerdasan AI untuk menganalisis bidikan Anda dan menyarankan peningkatan instan.

Baik Anda menggunakan aplikasi ponsel cerdas atau antarmuka web, Anda akan menemukan penyempurnaan hanya dengan beberapa ketukan (atau klik).

Terlebih lagi, semua hasil edit di Google Photos disimpan dengan cara yang tidak merusak. Jika Anda berubah pikiran nanti, Anda dapat dengan mudah membatalkan perubahan dan mengembalikan foto Anda ke keadaan semula, siap untuk diedit lagi.

Ingin mengedit foto Anda di Google Photos? Panduan di bawah ini akan memandu Anda melalui berbagai opsi untuk mengubah foto Anda menggunakan layanan pencadangan cloud Google.

Baik Anda ingin menyesuaikan keseimbangan warna secara halus atau menjadi artistik dengan efek retro, pengaturan langsung di bawah ini akan membantu menghadirkan lebih banyak gambar Anda.

1. Cara menggunakan pengeditan otomatis di Google Photos

Dari deteksi subjek hingga pengelompokan bertema, AI terintegrasi secara mendalam di semua aspek platform Google Photos – termasuk alat pengeditan otomatis yang sederhana namun kuat.

Di antarmuka web Google Photos, buka gambar apa pun dari umpan utama dan klik ikon penggeser di kanan atas. Anda akan disajikan dengan berbagai opsi filter, seperti di bawah ini.

Yang pertama dari opsi ini (di tengah atas) diberi label ‘Otomatis’, dengan sekelompok bintang di sampingnya untuk menandainya dari filter lain. Klik ini dan Google Photos akan langsung menerapkan berbagai tweak ke gambar Anda.

Mungkin menyesuaikan tingkat kecerahan, misalnya, atau meningkatkan saturasi. Secara umum, tweak ini relatif sensitif tetapi sangat efektif.

Pengeditan otomatis juga tersedia di aplikasi ponsel pintar Google Photos untuk iOS dan Android, meskipun cara kerjanya sedikit berbeda.

Ketuk untuk membuka satu gambar di aplikasi, lalu ketuk ikon penggeser di bilah alat di bagian bawah layar. Anda akan diperlihatkan tab ‘Saran’ secara default, yang merupakan tempat pengeditan otomatis tinggal di aplikasi.

Google akan menganalisis subjek gambar Anda dan mengajukan pengeditan yang menurutnya sesuai. Anda akan selalu melihat alat ‘Tingkatkan’ untuk tweak keseluruhan instan, tetapi saran lain akan bergantung pada konten tertentu dari gambar yang diberikan.

Anda mungkin melihat opsi ‘Hangat’ dan ‘Sejuk’, misalnya. Ketuk masing-masing untuk melihat efeknya; pengeditan tidak akan diterapkan sampai Anda mengklik ‘Simpan’ di sudut kanan bawah.

Aplikasi ini juga merupakan rumah bagi beberapa alat pengeditan premium, termasuk beberapa opsi bertenaga AI yang muncul di tab ‘Saran’.

Ini termasuk opsi ‘Dinamis’ yang meningkatkan kecerahan dan kontras, ‘Saran Langit’ untuk mengubah cakrawala, ‘Potret’ untuk efek kedalaman bidang, dan ‘Warna Pop’, yang mengontraskan subjek yang hidup dengan latar belakang monokrom.

Pengeditan yang disempurnakan ini gratis untuk pengguna perangkat Google Pixel. Jika Anda menggunakan Google Photos di ponsel cerdas non-Google, Anda memerlukan langganan Google One untuk membuka kuncinya.

Paket mulai dari US$1,99 / £1,59 per bulan untuk paket ‘Dasar’, yang juga mencakup penyimpanan cloud 100GB yang digunakan bersama di semua layanan Google. Jika Anda berencana untuk menyimpan seluruh perpustakaan gambar Anda di cloud, berlangganan sangat masuk akal.

2. Cara mengedit foto dengan filter di Google Photos

Ingin berkreasi dengan pengeditan gambar Anda? Google Photos menampilkan serangkaian filter sekali klik yang memungkinkan Anda menerapkan penyesuaian artistik instan ke bidikan Anda.

Jika Anda menggunakan Google Photos di web, buka gambar dan klik ikon penggeser di kanan atas. Anda akan mendarat di tab ‘Filter warna’ secara default, di mana Anda akan menemukan 12 opsi filter, serta alat edit ‘Otomatis’ (lihat di bawah).

Ini berkisar dari tampilan lo-fi yang kasar hingga gaya monokrom yang diredam. Setiap thumbnail filter memberi Anda indikasi efeknya. Klik salah satu opsi filter dan Anda akan melihat efek yang diterapkan pada gambar Anda.

Anda juga akan melihat penggeser muncul di bawah gambar mini: sesuaikan penggeser ini dan Anda akan mengubah intensitas efeknya, memungkinkan Anda untuk menerapkan pengeditan yang lebih halus.

Setelah Anda mendapatkan level sesuai keinginan Anda, klik ‘Selesai’ dan gambar yang diedit akan disimpan di perpustakaan cloud Anda.

Perlu diingat bahwa setelah Anda menerapkan filter, Anda masih dapat menggunakan penggeser penyesuaian manual (lihat langkah ketiga) untuk lebih menyesuaikan gambar Anda agar sesuai dengan selera kreatif Anda.

Anda juga dapat menerapkan filter yang sama ini melalui aplikasi Google Foto di ponsel cerdas Anda. Buka gambar apa pun dari umpan, ketuk ikon penggeser di bilah alat di sepanjang bagian bawah layar, lalu gulir ke seberang ke tab berjudul ‘Filter’. Di sini Anda akan melihat thumbnail yang sama dengan antarmuka web, yang dapat Anda geser.

Ketuk satu dan Anda akan melihat efek yang diterapkan pada gambar Anda. Ketuk thumbnail filter yang sama lagi dan penggeser penyesuaian akan muncul, memungkinkan Anda untuk mengubah intensitas efek.

Setelah Anda puas, ketuk ‘Selesai’ untuk kembali ke bilah alat pengeditan, lalu ‘Simpan’ untuk mengunci hasil edit Anda.

Jika Anda berubah pikiran kapan saja, Anda dapat membuka gambar dan mengklik ‘Batalkan pengeditan’ di bagian atas, untuk menghapus filter dan mengembalikannya langsung ke bentuk aslinya.

Saat menyimpan hasil edit di aplikasi Google Foto, Anda juga akan ditawari pilihan apakah hanya menyimpan gambar yang diedit atau menyimpan perubahan sebagai salinan.

Jika Anda memilih yang pertama, Anda masih dapat membatalkan pengeditan di kemudian hari. Manfaat yang terakhir adalah Anda dapat menyimpan hasil edit yang berbeda dari gambar yang sama ke perpustakaan Anda. Anda mungkin menginginkan versi monokrom dan penuh warna, misalnya.

3. Cara mengedit gambar secara manual menggunakan slider penyesuaian di Google Photos

Lebih suka mengambil pendekatan yang lebih manual untuk pengeditan? Google Photos bukanlah aplikasi pengeditan yang lengkap, tetapi aplikasi ini menampilkan berbagai penggeser penyesuaian yang memungkinkan Anda untuk menyempurnakan foto Anda.

Anda dapat menggunakan ini sendiri untuk kontrol total, atau bersama dengan filter otomatis untuk mengubah efek akhir.

Untuk mengedit foto secara manual di web, klik untuk membuka gambar, lalu klik ikon penggeser di sudut kanan atas.

Ikon penggeser yang sama kemudian akan muncul di tengah bilah alat pengeditan di kanan atas. Klik ini dan Anda akan melihat tiga bilah geser dasar muncul di bilah sisi: ‘Cahaya’, ‘Warna’, dan ‘Pop’.

‘Cahaya’ adalah penyesuaian kecerahan,’ Warna’ memengaruhi saturasi, sementara ‘Pop’ mengubah definisi dan kontras. Untuk amandemen manual yang mudah, Anda dapat menemukan keseimbangan dengan bermain dengan tiga slider ini.

Tetapi Anda juga dapat menyelam lebih dalam: klik panah tarik-turun di sebelah ‘Cahaya’ atau ‘Warna’ dan Anda akan melihat rentang lengkap bilah geser penyesuaian yang lebih bertarget muncul.

Anda tidak akan menemukan opsi pengeditan lanjutan seperti kurva RGB, kuas masking, atau alat penghapus objek.

Lihat panduan kami untuk aplikasi pengeditan foto terbaik untuk aplikasi yang menawarkannya. Tetapi slider penyesuaian drop-down mencakup semua metrik pengeditan klasik: eksposur, kontras, cahaya rendah, sorotan, saturasi, dan banyak lagi.

Anda juga akan menemukan opsi untuk mengubah warna kulit, mengubah warna biru langit dan biru laut, dan menerapkan efek sketsa. Masing-masing dapat dikontrol dengan hati-hati menggunakan bilah geser, memungkinkan Anda untuk menyesuaikan selera Anda secara sensitif.

Opsi yang sama ini juga tersedia di aplikasi Google Foto. Buka foto dari umpan, ketuk ikon penggeser di bilah alat di bagian bawah layar, lalu geser ke seberang ke tab berlabel ‘Sesuaikan’.

Di sini Anda akan menemukan rentang opsi penyesuaian yang sama dengan antarmuka web, yang disajikan sebagai deretan ikon.

Anda juga akan melihat HDR, yang merupakan opsi premium yang tersedia untuk pengguna ponsel cerdas Pixel dan pelanggan Google One.

Ketuk salah satu ikon ini dan Anda akan melihat penggeser gulir muncul di bawah, yang dapat Anda gunakan untuk menyempurnakan pengaturan yang relevan.

Ketuk ikon yang sama lagi dan Foto Google akan mengaturnya ke tingkat yang menurutnya terbaik untuk gambar yang dimaksud. Gulir melalui ikon yang berbeda untuk mengubah berbagai level sesuka Anda, lalu ketuk ‘Selesai’ untuk menyimpan perubahan.

4. Cara memotong dan meluruskan foto di Google Photos

Ingin memotong subjek Anda atau meluruskan cakrawala? Google Photos dapat membantu. Pada antarmuka web, buka foto Anda dan klik ikon penggeser di kanan atas.

Kemudian klik ikon potong di ujung kanan bilah alat. Dari sini, Anda dapat dengan bebas menyesuaikan pemotongan pada gambar Anda dengan menyeret sudut kotak pilihan putih.

Anda juga dapat mengeklik dan menyeret gambar itu sendiri untuk menyesuaikan bagian mana yang muncul di jendela pangkas.

Klik ikon ‘Aspect Ratio’ di bilah alat untuk mengunci kotak pilihan ke proporsi tertentu. Pilihannya meliputi 3:2, 4:3, 16:9 dan persegi, serta rasio aspek asli gambar.

Dengan menggunakan penggeser vertikal di sebelah kanan gambar (di atas), Anda juga dapat menyesuaikan rotasinya dengan hati-hati di dalam bingkai. Ini memungkinkan Anda untuk menyempurnakan leveling snap Anda.

Atau, klik opsi ‘Otomatis’ di kanan atas dan Google akan memberikan tebakan terbaik tentang bagaimana gambar Anda harus dibingkai dan diratakan. Perspektif yang salah? Klik tombol putar di kanan atas untuk memutar snap Anda.

Di aplikasi Google Photos, buka gambar, ketuk ikon penggeser di bilah alat bawah, lalu geser ke tab ‘Pangkas’. Dari sini, Anda dapat kembali menyeret sudut kotak pilihan dengan bebas, atau memilih rasio aspek tetap dengan mengetuk ikon di sebelah kiri, di bawah bilah geser penyesuaian.

Ikon kanan memungkinkan Anda untuk memutar gambar, sedangkan penggeser itu sendiri memungkinkan Anda menyesuaikan rotasi gambar dengan halus.

Baca juga: Review Apple iPhone 13, Warnanya yang Lebih Menakjubkan

Dengan menggunakan dua jari, Anda juga dapat menyeret gambar untuk memposisikannya kembali di belakang jendela pangkas.

Opsi perataan otomatis hanya akan muncul di aplikasi jika Google menganggap gambar Anda tidak lurus: pada tab potong, cari tongkat ajaib. (*)

Leave a Reply