Sabtu, 15 Juni 2024
Djogja Info

Cara menghapus akun Twitter Anda

cara menghapus akun twitter. (pixabay)
cara menghapus akun twitter. (pixabay)
cara menghapus akun twitter. (pixabay)
cara menghapus akun twitter. (pixabay)

Djogjainfo – Jika berita tentang Twitter yang menerima tawaran akuisisi miliarder Elon Musk senilai $44 miliar membuat Anda khawatir tentang kualitas dan kenyamanan platform untuk interaksi yang aman, ramah, dan menyenangkan, berikut adalah cara menonaktifkan akun Twitter Anda.

Mungkin ini bukan berita terbaru, tapi semangat Anda untuk berkicau telah memudar; mungkin Anda tidak pernah mendapatkan pengikut dengan kecepatan sangat tinggi yang Anda harapkan, atau mungkin Anda muak dengan semua drama beracun dan banyaknya troll yang harus Anda hadapi.

Baca juga: WhatsApp sedang mengerjakan fitur komunitas, kapan dirilis?

Berikut merupakan panduan praktis ini yang akan memberi tahu Anda cara menghapus akun Twitter dengan tepat.

Dari menonaktifkan akun Anda untuk selamanya hingga menghapus tweet lama Anda yang memalukan atau salah secara politis yang dapat membuat Anda dalam masalah serius di zaman sekarang ini.

1. Cara menonaktifkan akun twitter Anda

Jika Anda hanya ingin menghapus aplikasi Twitter di perangkat Anda tanpa menonaktifkan akun Anda, Anda hanya perlu mencopot pemasangan aplikasi di ponsel cerdas atau tablet Anda seperti biasa.

Namun, jika Anda ingin tahu cara menghapus akun Twitter untuk selamanya, apakah itu akun utama yang telah Anda gunakan atau akun duplikat yang tidak Anda masuki selama bertahun-tahun, paling mudah untuk mengunjungi situs web di browser desktop Anda. dan masuk. Dari sana, klik tiga elips di bilah menu sebelah kiri dan pilih “Pengaturan dan privasi”.

Lihat di kiri bawah menu “Akun Anda” dan Anda akan melihat tautan yang bertuliskan “Nonaktifkan akun Anda”. Klik tautan ini, dan Anda akan dibawa ke halaman terakhir yang menjelaskan cara kerja proses penonaktifan setelah Anda membaca informasi, Anda dapat mengeklik tombol merah “Nonaktifkan” di bagian bawah halaman.

Anda sekarang memiliki waktu 30 hari untuk memulihkan akun Twitter jika berubah pikiran.

Jika Anda ingin mengunduh data Twitter Anda sebelumnya (riwayat akun, aktivitas, dan media lainnya), Anda harus menyelesaikan permintaan dan proses pengunduhan sebelum menonaktifkan akun Anda.

Anda dapat melakukannya dengan menuju ke “Pengaturan dan privasi”, dan memilih “Unduh arsip data Anda” dari menu di sisi kanan jendela browser Anda.

Memilih tautan itu akan meluncurkan permintaan kata sandi untuk memverifikasi bahwa Anda adalah Anda. Anda dapat memilih verifikasi melalui email atau teks SMS.

Setelah itu selesai, Anda dapat mengklik “Minta data” di bagian bawah halaman, dan Anda akan dikirimi email saat data Anda siap diunduh.

Perlu diingat bahwa beberapa informasi akun Anda, seperti tweet lama, mungkin masih tersedia di mesin pencari seperti Google dan Bing untuk sementara waktu, bahkan setelah Anda menonaktifkan akun. Jika Anda ingin menghapus semuanya, termasuk tweet sebelumnya, baca terus.

2. Cara menghapus Tweet lama Anda

Ingin menyingkirkan semuanya sepenuhnya? Ini tidak sesederhana yang Anda harapkan. Anda harus menggunakan layanan pihak ketiga seperti Tweet Delete, alat web gratis yang memungkinkan Anda menghapus riwayat Twitter dan menyetel pengatur waktu untuk penghapusan kicauan secara otomatis setelah kicauan tersebut habis dalam jangka waktu tertentu.

Tweet Delete hanya dapat menghapus 3.200 tweet saat bepergian, jadi jika Anda seorang tweeter yang produktif, Anda mungkin ingin mencoba layanan berbayar seperti TweetEraser, dengan biaya $6,99 (£5,30 / AU$9,75 berdasarkan tingkat konversi saat ini) untuk akses 30 hari.

Itu tidak memungkinkan Anda untuk mengatur penghapusan otomatis seperti Tweet Delete, tetapi ini adalah pilihan yang baik jika Anda hanya ingin menghapus seluruh riwayat tweet Anda sekaligus.

Jika tidak, Anda dapat menggunakan alat pencarian lanjutan Twitter sendiri untuk mencari kata kunci di tweet Anda yang mungkin ingin Anda hapus.

Baca juga: Meta: Pemilik Facebook ingin membangun ‘superkomputer AI paling kuat di dunia’

Misalnya, jika Anda memiliki kebiasaan men-tweet saat sedang mabuk, Anda dapat mencari kata “mabuk” dan kemudian menghapus tweet yang menyinggung.

Menge-tweet seseorang yang seharusnya tidak Anda miliki? Anda juga dapat menggunakan alat ini untuk menemukan tweet yang menyebutkan pengguna tertentu. (*)

Leave a Reply