Sabtu, 15 Juni 2024
Djogja Info

Cara Menghemat Uang untuk Belanja Pakaian

cara hemat belanja pakaian. (pixabay)
cara hemat belanja pakaian. (pixabay)
cara hemat belanja pakaian. (pixabay)
cara hemat belanja pakaian. (pixabay)

Djogjainfo – Membeli pakaian adalah hal yang menyenangkan sekaligus kebutuhan. Lagi pula, apa yang kita kenakan tidak hanya melindungi kita dari unsur-unsur, tetapi juga merupakan cara bagi kita untuk mengekspresikan kepribadian kita dan membuat kesan yang baik pada orang lain.

Namun, sambil bersenang-senang, berbelanja pakaian bisa dengan mudah lepas kendali. Pakaian baru bisa mahal, dan itu normal untuk sedikit terbawa suasana dan Anda dapat dengan mudah tergoda untuk menghabiskan lebih dari anggaran Anda.

Untungnya, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk memiliki pakaian yang terlihat bagus setiap saat. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan yang akan membantu Anda menghemat uang untuk pakaian, memungkinkan Anda untuk mengekspresikan gaya Anda tanpa merusak bank.

Rawat Pakaian Anda

Salah satu alasan terbesar kita akhirnya membeli baju baru adalah karena barang lama kita sudah tidak bagus lagi. Penggunaan selama bertahun-tahun menimbulkan noda, perubahan warna, kerutan, dan tanda-tanda keausan lainnya yang membuat kita ingin pergi ke toko dan membeli sesuatu yang baru.

Oleh karena itu, salah satu cara menghemat uang untuk membeli pakaian adalah dengan lebih merawat apa yang Anda miliki agar tidak perlu membeli banyak barang baru.

Untuk memulai, ini berarti mengikuti petunjuk pada label. Tidak, ini bukan hanya pedoman. Mereka adalah apa yang telah ditentukan oleh produsen sebagai hal terbaik yang harus dilakukan untuk memperpanjang umur pakaian Anda, jadi Anda harus memperhatikan apa yang mereka katakan.

Jika tertulis “cuci dengan warna yang sama”, lakukanlah. Jika tertulis, “hanya air dingin”, dengarkan. Setelah satu atau dua beban, mungkin tidak ada banyak perbedaan. Tetapi mengikuti petunjuk perawatan akan membuat pakaian Anda bertahan lebih lama selama masa pakainya.

Selain mengikuti petunjuk perawatan ini, ada beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan untuk merawat pakaian Anda, membuatnya lebih tahan lama, dan menghemat uang Anda, seperti:

Hindari Pengering

Pengering sangat nyaman. Mereka membuat pakaian Anda kering dan siap dipakai dalam satu jam. Tapi semua panas dan gerakan itu biasanya tidak baik untuk pakaian Anda. Ini dapat memecah serat, mengecilkannya, menyebabkan perubahan warna, dan banyak lagi.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk melindungi pakaian Anda adalah dengan menjauhkannya dari pengering sebanyak mungkin. Beberapa hal yang tidak bisa Anda keringkan, seperti wol atau sutra. Tetapi barang-barang lain juga bisa tetap berada di luar.

Secara umum, semakin halus barangnya, semakin sedikit waktu yang harus dihabiskan di pengering. Sesekali tidak apa-apa, tetapi tidak setiap beban.

Cuci dengan Air Dingin

Demikian pula, pertimbangkan untuk beralih mencuci pakaian Anda hanya dengan air dingin. Saat ini, sebagian besar deterjen cucian membuat pakaian Anda tetap bersih, berapa pun suhu airnya, jadi hal ini tidak perlu menjadi perhatian.

Alasan untuk ini adalah air dingin lebih lembut pada pakaian Anda, dan juga akan membantu menjaganya agar tidak menyusut, yang merupakan alasan besar mengapa orang harus melepaskan pakaian mereka dan membeli yang baru.

Serangan Noda

Hanya karena Anda menumpahkan anggur merah, cokelat, atau darah ke pakaian Anda, bukan berarti pakaian Anda rusak, karena banyak dari kita telah dilatih untuk berpikir. Sebagai gantinya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi noda dan menghilangkannya sebelum menjadi permanen.

Misalnya, jika Anda memiliki noda rumput, merendam pakaian dalam air dan cuka putih dapat menghilangkannya sepenuhnya. Larutan soda kue juga bagus, seperti alkohol gosok, jika Anda memiliki getah pohon di pakaian Anda.

Secara keseluruhan, noda tidak berarti kematian pada pakaian Anda. Dapatkan segera di air dan kemudian cari cara terbaik untuk merawatnya sehingga Anda bisa mendapatkan pakaian Anda seperti baru.

Cuci dengan Tangan

Banyak item pakaian yang lebih sensitif datang dengan instruksi ketat untuk “hanya membersihkan kering.” Ini dimaksudkan untuk melindungi pakaian Anda dari lingkungan mesin cuci yang keras, serta deterjen yang kami gunakan.

Ini adalah cara yang bagus untuk melindungi pakaian Anda. Tapi itu juga sangat mahal. Membawa pakaian Anda ke binatu setiap minggu akan membawa Anda ke binatu.

Namun, banyak pakaian, seperti sutra dan wol, dapat dicuci di rumah. Anda hanya perlu mencucinya dengan tangan dan menggunakan sabun yang lembut.

Jangan lakukan ini untuk pakaian berbahan suede, kulit, atau bulu. Tetapi sebagian besar barang halus lainnya dapat dibersihkan di rumah, menghemat banyak uang.

Berbelanja di Toko Barang Bekas

Meskipun merawat pakaian yang Anda miliki adalah cara yang bagus untuk menghemat uang, tidak mungkin untuk sepenuhnya menghindari membeli pakaian baru. Tetapi hanya karena Anda membutuhkan sesuatu yang baru tidak berarti Anda harus membeli sesuatu langsung dari pabriknya.

Toko barang bekas dan toko barang bekas lainnya bisa menjadi cara yang bagus untuk menemukan pakaian yang bagus dengan harga yang lebih murah. Anda akan terkejut dengan apa yang diberikan orang; cukup umum untuk menemukan pakaian baru yang mungkin hanya dipakai sekali atau dua kali.

Tentu saja, kerugian dari toko barang bekas adalah Anda mendapatkan apa yang Anda dapatkan. Jika Anda membutuhkan sesuatu yang spesifik, mereka mungkin tidak memilikinya. Tetapi jika Anda bisa fleksibel, ini adalah cara yang bagus untuk menemukan barang-barang bagus dengan biaya lebih sedikit.

Tempat-tempat ini akan menyimpan pakaian dari musim lalu, atau yang memiliki cacat kecil, dan menagih Anda jauh lebih sedikit, memberi Anda akses ke mode terbaru tanpa menghabiskan banyak uang.

Jual Baju Lama

Terakhir, Anda dapat menghemat uang untuk membeli pakaian dengan mengimbangi biaya pakaian baru dengan uang yang Anda hasilkan dari pakaian lama Anda.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah membawa pakaian Anda ke toko konsinyasi. Mereka akan membayar Anda sedikit untuk pakaian itu, dan jika mereka menjual, Anda akan menghasilkan sedikit lebih banyak. Pilihan lain adalah mencoba dan menjual barang sendiri.

Jika Anda memiliki barang bagus, pertimbangkan untuk menggunakan situs seperti “The Real Real.” Ini berspesialisasi dalam barang-barang mewah dan memungkinkan Anda mendapatkan harga yang wajar untuk pakaian Anda.

Pada akhirnya, sedikit pun membantu. Jika Anda dapat menjual banyak sweter lama seharga $40 dan menemukan sesuatu yang baru dengan harga yang sama, Anda tidak hanya mendapatkan sesuatu yang baru secara gratis, tetapi Anda juga dapat mengosongkan beberapa ruang di lemari Anda. Ini adalah win-win!

Mulai Hemat Uang

Secara relatif, pakaian sekarang lebih murah daripada sebelumnya. Tetapi jika Anda membelinya terus-menerus, semuanya dapat bertambah dengan cepat. Gunakan cara ini untuk menghemat uang tanpa harus mengorbankan gaya atau kepribadian Anda. (*)

Leave a Reply