Selasa, 25 Juni 2024
Djogja Info

Gudang Mebel di Sleman Terbakar, Petugas Butuh 40 Menit untuk Memadamkan

damkarmat kota yogyakarta
damkarmat kota yogyakarta
damkarmat kota yogyakarta
damkarmat kota yogyakarta

Djogjainfo, Sleman – Sebuah gudang mebel di wilayah Jalan Kabupaten, Tlogotirto, Gamping, Sleman terbakar pada Selasa (2/8).

Dikutip dari situs Damkarmat Yogyakarta, petugas mendapatkan laporan kejadian kebakaran dari warga.

Baca juga: PaSri DIY Dorong Kelompok Seni Beradaptasi di Era Teknologi

Petugas Damkarmat Kota Yogyakarta terdekat yang berlokasi di Jalan Kyai Mojo pun langsung memberangkatkan 2 mobil pemadam kebakaran untuk menjinakkan api.

Petugas juga langsung memberitahu Damkar Sleman karena lokasinya berada di Sleman.

Damkar Sleman yang mendapatkan informasi itu juga langsung memberangkatkan empat mobil pemadam kebakaran.

Kebakaran terjadi cukup cepat dan membesar karena kondisi bangunan merupakan gudang mebel yang berisi banyak kayu dan bahan thinner yang mudah terbakar.

Petugas gabungan dari Damkarmat Yogyakarta, Damkar Sleman dan juga 1 armada dari Damkar UGM berhasil mengendalikan kobakaran api setelah 40 menit upaya dilakukan.

Berdasarkan informasi awal, diduga sumber api berasal dari pembakaran sampah yang terletak di halaman belakang gudang pada sore hari yang tidak diawasi.

Api ternyata membesar dan menjalar ke gudang yang berisi banyak kayu dan bahan yang mudah terbakar, hingga diketahui warga pada pukul delapan malam.

Damkarmat Yogyakarta mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di tempat tinggal maupun tempat usaha.

Jika melakukan pembakaran sampah, jauhkan nyala api dari dedaunan kering dan kayu atau bahan yang mudah terbakar, selalu awasi hingga api padam.

Baca juga: Pemkab Sleman Terus Berupaya Tekan Angka Kemiskinan, Ini Strateginya

Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta maupun penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp di 0811 2828 113.

Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis. (*)

Leave a Reply