Sabtu, 15 Juni 2024
Djogja Info

Gunung Ijo, Tawarkan Pemandangan Waduk Sermo dan 4 Gunung

@pranataanggarakusuma
@pranataanggarakusuma
@pranataanggarakusuma
@pranataanggarakusuma

Djogjainfo – Gunung Ijo merupakan destinasi wisata alam alternatif yang berada di puncak pegunungan menoreh. Lokasinya berada di perbatasan Kulon Progo, Magelang dan juga Purworejo.

Gunung Ijo ini keberadaannya erat dikaitkan dengan pembangunan Candi Borobudur. Bahkan ada kepercayaan pangeran Gunadharma yang merancang candi itu tidur abadi di bagian selatan candi dalam bentuk rangkaian pegunungan Menoreh.

Baca juga: Seru! Anak-anak TK Melihat Pesawat Terbang di Muspusdirla

Pegunungan tersebut memang jika diperhartikan mirip orang yang tengah berbaring dan dilengkapi dengan mahkotanya.

Pegunungan Menoreh juga melintasi berbagai daerah, termasuk Kulonprogo yang dinyatakan sebagai dome terbesar. Dengan bagian puncak datar dan sayap-sayap yang curam, wilayah ini terbentuk dari beberapa gunung api purba.

Bagi kalian yang hendak menuju Gunung Ijo dari pusat kota Kulon Progo, akan menempuh perjalanan sekitar 10 kilometer. Kalian akan menuju ke Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap.

Sebelum melanjutkan perjalanan ke Gunung Ijo, Anda bisa sejenak menikmati Waduk Sermo. Waduk Bendungan Sermo ini telah dibangun pada tahun 1994. Dan Waduk ini juga merupakan destinasi wisata menarik yang tidak boleh Anda lewatkan. Jadi sebelum Anda melanjutkan perjalanan menuju puncak Gunung Ijo, bisa bersantai sejenak di Waduk ini.

Untuk masuk ke Waduk Sermo, Anda hanya perlu membayar tiket sebesar dua ribu rupiah. Waduk ini juga dikenal sebagai lokasi wisata yang cukup hits di kota Kulonprogo ini. Setelah puas menikmati Waduk Sermo, Anda pun bisa melanjutkan perjalanan ke puncak Gunung Ijo.

Ada beberapa rute untuk mencapai ke puncak. Kalian harus mlakukan pendakian dengan rute yang cukup ekstrem. Sebaiknya hati-hati terlebih ketika sedang hujan, sehingga harus mempersiapkan perlengkapan yang cukup agar perjalanan bisa berjalan dengan baik.

Kurang lebih perjalanan yang akan ditempuh selama satu jam. Dan untuk masuk ke lokasi yang resmi dibuka pada tahun 2017 ini, kalian hanya cukup merogoh saku sebesar tiga ribu rupiah saja.

Gunung ijo berada di ketinggian 675 meter di atas permukaan laut (dpl). Pada bagian puncak gunung tersebut, terdapat ikon berupa batu besar yang bisa dijadikan tempat untuk berswa foto.

Baca juga: Jajanan khas Jogja, Kue Lekker Tetap Pertahankan Citarasa

Perjalanan yang cukup melelahkan. Seketika akan terbayar ketika kalian tiba di puncak. Tidak saja bisa melihat kota Kulonprogo, dari puncak Gunung Ijo, Anda juga bisa melihat Waduk Sermo, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Sumbing, hingga Gunung Sindoro, dan sederetan pantai selatan yang nampak indah.

Ada pun fasilitas yang sudah disediakan di lokasi wisata ini, cukup lengkap. Mulai dari mushola, kamar mandi, hingga warung-warung penjaja makanan. Jadi, jika Anda lupa membawa bekal, tidak usah khawatir karena di sana juga tersedia. (*)

Leave a Reply