Selasa, 25 Juni 2024
Djogja Info

Kelezatan Lele Betutu di Bantul, Daging Lembut dan Gurih

dok. koran jogja
dok. koran jogja

Bantul, Djogjainfo – Wrg Pakdhe Jogja yang berada di Desa Sumberagung, kecamatan Jetis, kabupaten Bantul, menawarkan berbagai menu lezat berupa lele betutu.

Pemilik dari rumah makan ini adalah Pefbry Darsono (30). Lele betutu ini merupakan hasil inovasi dari menu sebelumnya, yakni ayam betutu khas Bali.

Baca juga: Menikmati Sunrise di Gunung Kukusan, Bisa Melihat 4 Gunung Sekaligus

Lele ini digoreng garing terlebih dahulu. Kemudian diberi bumbu betutu, dan disajikan dengan nasi putih, lalapan, sambal matah serta sayur daun ketela.

Darsono mengatakan dirinya dulu membuka warung makan ayam betutu di daerah Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta pada 2016.

“Selanjutnya pada 2017 muncul ide mengganti ayam dengan lele betutu,” katanya beberapa waktu lalu.

Darsono mengungkapkan, menu lele betutu ini banyak disukai oleh pelanggannnya. Selain murah, karena rasanya yang cukup lezat.

“Tekstur daging lelenya empuk. Pelanggan rata-rata bilangnya enak dan unik,” kata dia.

Menu lele betutu di warung makannya sebesar Rp 17 ribu. Sedangkan untuk ayam betutu dipatok dengan harga Rp 22 ribu.

Baca juga: Pulau Kalong Gunungkidul, Sepintas Mirip Nusa Penida Bali!

Bumbunya itu terdiri dari istilah bali bumbu megenep, yaitu rempah-rempah, jahe, kunir, lengkuas, kemiri, merica, garam, bawang putih, bawang merah, dihaluskan dimasak.

“Setelah matang lalu lelenya dimasukkan ke dalam bumbu betutu beberapa menit sampai bumbu meresap ke dalam daging lele,” ucapnya. (*)

Leave a Reply