Wisata

Kunjungan Wisatawawan di Pementasan Sendratari Ramayana Meningkat

×

Kunjungan Wisatawawan di Pementasan Sendratari Ramayana Meningkat

Sebarkan artikel ini
Sendratri Ramayana Prambanan. (PT TWC)
Sendratri Ramayana Prambanan. (PT TWC)
Sendratri Ramayana Prambanan. (PT TWC)
Sendratri Ramayana Prambanan. (PT TWC)

Djogjainfo – Tingkat kunjungan wisatawan yang menyaksikan pertunjukan Sendratari Ramayana Prambanan dan Dramatari Roro Jonggrang mulai naik signifikan.

Pertunjukan yang hadir selama 10 hari di saat periode Natal dan Tahun Baru 2022 ini menjadi atraksi khas dan dimintasi wisatawan yang datang ke Yogyakarta.

Hal ini dilihat dari tingkat keterisian kursi penonton yang menyaksikan pertunjukan Sendratari Ramayana serta Dramatari Roro Jonggrang di Gedung Trimurti, Kompleks Unit Teater Pentas Ramayana Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

“Pada Natal dan Tahun Baru 2022 ini ada 498 penonton Ramayana dan 304 penonton Roro Jonggrang. Total 802 pengunjung. Jumlah ini lebih banyak dari tahun 2019 sebanyak 386 orang. Kondisinya saat ini mulai membaik dan ini harapan bagus untuk tahun 2022,” terang GM Teater Pentas Ramayana Prambanan Chrisnamurti Adiningrum, Selasa (4/1/2022).

Pandemi yang belum usai serta adanya kebijakan pemerintah tentang pembatasan kegiatan masyarakat sempat menyurutkan harapan, khususnya bagi dunia pertunjukan wisata.

Chrisnamurti Adiningrum mengakui jumlah yang di dapat ini diluar ekspektasi yang diharapkannya.

“Awalnya meragukan, karena di awal sudah ada larangan bepergian dari pemerintah. Jadi kami tidak berani menargetkan tinggi. Tapi ternyata atensi wisatawan lumayan besar dan ini sudah melebih ekspektasi kami,” ungkapnya.

Teater Pentas Ramayana Prambanan menargetkan kunjungan di tahun 2022 mencapai setengah atau 50 persen dari kondisi normal, di tahun 2022 ini. Pementasan juga sudah dijadwalkan sesuai kondisi normal sebelum pandemi.

“Di Januari, Pementasan Sendratari Ramayana setiap Selasa, Kamis dan Sabtu. Sementara Dramatari Roro Jonggrang tiap Jumat. Sambil melihat kondisi, kita persiapkan pertunjukan outdoor di bulan Mei-Oktober dan November-April kita indoor. Semoga ini berjalan sesuai rencana,” lanjutnya.

Teater Pentas Ramayana Prambanan berkomitmen menghadirkan pertunjukan yang berjesan bagi wisatawan. Hal ini dilakukan dengan persiapan yang matang pada saat sebelum pementasan.

Selain itu, sebagai salah satu destinasi pengisi kegiatan delegasi Presidensi G-20 Indonesia 2022, Teater Pentas Ramayana Prambanan berkomitmen menampilkan pertunjukan serta pelayanan terbaik bagi para tamu yang hadir.

“Kami sangat siap menerima layanan untuk dinner juga menonton Roro Jonggrang dan Ramayana. Kami berharap mendapatkan kesempatan untuk menampilkan pertunjukan terbaik kepada delegasi G-20 yang hadir,” pungkasnya. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *