Sabtu, 15 Juni 2024
Djogja Info

Launching LLT, Ini Cara Yogyakarta Penuhi Hak Lansia

Djogjainfo – Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi melaunching Layanan Lansia Terintegrasi (LLT) Wira Wredha, Kelurahan Wirogunan, Kemantren Mergangsan, Kota Yogya. launching ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Dikutip dari website resmi Pemkot Yogyakarta,  Heroe sangat mengapresiasi dan mendukung program LLT tersebut. Pihaknya juga menyatakan kegiatan ini sangat bagus dan bisa dijadikan percontohan LLT untuk di tingkat kota bahkan bisa di tingkat nasional.

Tidak hanya itu, melalui kegiatan ini semua lansia bisa terdata secara menyeluruh dan kegiatan ini dapat menjadi percontohan bagi kelurahan lainnya.

“Keberadaan LLT ini diharapkan dapat membantu pendataan lansia sehingga memudahkan bagi para lansia dalam mengakses layanan yang ada. Saya berharap LLT ini juga dapat dilaksanakan di Kelurahan lain,” ujarnya di Balai RK Bintaran, Minggu (2/1/2022).

Wawali menambahkan, dalam peraturan Walikota (Perwal) Yogya Nomor 38 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Lansia telah mengatur mengenai hak dan kewajiban lansia.

Hak lansia di antaranya memperoleh pelayanan keagamaan, kesempatan kerja, pendidikan dan pelatihan, aksesibilitas, ruang terbuka ramah lansia, perumahan, partisipasi sosial, komunikasi, bantuan hukum, dan perlindungan sosial.

Sedangkan kewajiban lansia diantaranya berperan dalam membimbing, mewariskan, dan menularkan keteladanan terhadap berbagai aspek kehidupan ke generasi penerus.

“Yang paling dibutuhkan oleh lansia adalah memiliki masa tua yang produktif, mandiri, dan sejahtera. Mereka harus memiliki semangat untuk menjalani hidup sehingga bisa berdaya dan produktif sehingga tidak menjadi beban,” katanya.

Dengan meningkatnya usia harapan hidup penduduk, tentu akan memicu pertambahan usia lansia. Terkait dengan itu, Heroe mendorong kaum lansia untuk terus berperan aktif sebagai sumber daya pembangunan.

Sementara itu Ketua Kampung Bintaran, Andi Maulana mengaku latar belakang hadirnya LLT Wira Wredha tersebut karena di wilayahnya banyak para lansia yang belum bisa mengakses layanan kesehatan.

“Kami hadir sebagai jembatan, sebagai relawan, LLT Wira Wredha berupaya untuk memenuhi hak hak para lansia, serta berupaya membangun lansia yang bermartabat” ujarnya.

Andi menjelaskan adapun layanan terintegrasi yang dimaksud adalah semua kebutuhan lansia, baik kesehatan maupun sosialnya diintegrasikan.

“Layanan ini juga bagian dari program Gandeng Gendong yang melibatkan berbagai pihak dalam bergotong royong,” ungkapnya.

LLT Wira Wredha ini terdiri dari unsur penyedia layanan kesehatan dan sosial di Kelurahan dan Kemantren, serta telah memperoleh dukungan dari berbagai unsur seperti Karang Taruna, PKK, PSM, dan lain sebagainya. (*)

Leave a Reply