Rabu, 22 Mei 2024
Djogja Info

Manfaat dan kandungan gizi sayur bayam

Ilustrasi manfaat bayam. (pixabay)
Ilustrasi manfaat bayam. (pixabay)
Ilustrasi manfaat bayam. (pixabay)
Ilustrasi manfaat bayam. (pixabay)

Djogjainfo – Bayam adalah sayuran super yang banyak nutrisi dan rendah kalori. Sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam penting untuk kesehatan kulit, rambut, dan tulang.

Bayam juga menyediakan protein, zat besi, vitamin, dan mineral.

Manfaat kesehatan yang mungkin dari mengkonsumsi bayam termasuk meningkatkan kontrol glukosa darah pada penderita diabetes, menurunkan risiko kanker.

Kemudian juga meningkatkan kesehatan tulang, serta memasok mineral dan vitamin yang dapat memberikan berbagai macam manfaat kesehatan.

Kekurangan zat besi dalam makanan dapat mempengaruhi seberapa efisien tubuh menggunakan energi.

Bayam adalah sumber zat besi yang hebat. Pastikan untuk menggabungkan makanan kaya vitamin C seperti buah jeruk dengan zat besi nabati seperti bayam untuk meningkatkan penyerapan.

Kalsium

Bayam kaya akan kalsiaum. Namun, masih kurang mudah diserap daripada kalsium yang diperoleh dari sumber susu. Bayam memiliki kandungan oksalat yang tinggi, yang mengikat kalsium.

Magnesium

Bayam juga merupakan salah satu sumber magnesium makanan terbaik, yang diperlukan untuk metabolisme energi, menjaga fungsi otot dan saraf, irama jantung yang teratur, sistem kekebalan tubuh yang sehat, dan menjaga tekanan darah. Magnesium juga berperan dalam ratusan reaksi biokimia lainnya yang terjadi di dalam tubuh.

Manfaat bayam

Dikutip dari medical news today, bayam memiliki kemungkinan manfaat kesehatan berikut:

Manajemen diabetes

Bayam mengandung antioksidan yang dikenal sebagai asam alfa-lipoat, yang telah terbukti menurunkan kadar glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mencegah perubahan oksidatif yang disebabkan oleh stres pada pasien diabetes.

Studi tentang asam alfa-lipoat juga menunjukkan penurunan pada neuropati perifer dan neuropati otonom pada penderita diabetes.

Namun, sebagian besar penelitian telah menggunakan asam alfa-lipoat intravena, dan tidak pasti apakah suplementasi oral akan memperoleh manfaat yang sama.

pencegahan kanker

Bayam dan sayuran hijau lainnya mengandung klorofil. Beberapa penelitian, termasuk penelitian tahun 2013 yang dilakukan pada 12.000 hewan, telah menunjukkan klorofil efektif dalam memblokir efek karsinogenik dari amina heterosiklik.

pencegahan asma

Sebuah penelitian terhadap 433 anak-anak dengan asma antara usia 6 dan 18 tahun, dan 537 anak-anak tanpa, menunjukkan bahwa risiko mengembangkan asma lebih rendah pada orang yang memiliki asupan nutrisi tertentu yang tinggi.

Salah satu nutrisi tersebut adalah beta-karoten. Bayam adalah sumber beta-karoten yang sangat baik.

Menurunkan tekanan darah

Karena kandungan potasiumnya yang tinggi, bayam direkomendasikan untuk penderita tekanan darah tinggi.

Kalium dapat membantu mengurangi efek natrium dalam tubuh. Asupan kalium yang rendah mungkin sama kuatnya dengan faktor risiko untuk mengembangkan tekanan darah tinggi seperti halnya asupan natrium yang tinggi.

Kesehatan tulang

Asupan vitamin K yang rendah telah dikaitkan dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi.

Konsumsi vitamin K yang cukup penting untuk kesehatan yang baik, karena bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan dapat mengurangi jumlah kalsium yang keluar dari tubuh dalam urin.

Baik untuk pencernaan

Bayam kaya akan serat dan air, keduanya membantu mencegah sembelit dan meningkatkan saluran pencernaan yang sehat.

Kulit dan rambut sehat

Bayam memiliki jumlah besar vitamin A, yang memoderasi produksi minyak di pori-pori kulit dan folikel rambut untuk melembabkan kulit dan rambut.

Minyak inilah yang dapat menumpuk hingga menyebabkan jerawat. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya yang tinggi vitamin C sangat penting untuk membangun dan memelihara kolagen, yang memberikan struktur pada kulit dan rambut.

Kekurangan zat besi adalah penyebab umum kerontokan rambut, yang dapat dicegah dengan asupan makanan kaya zat besi yang cukup, seperti bayam.

Risiko

Jika seseorang mengonsumsi pengencer darah, seperti warfarin, penting agar mereka tidak tiba-tiba mulai mengubah jumlah makanan yang mereka makan yang mengandung vitamin K, yang berperan besar dalam pembekuan darah.

Mengkonsumsi terlalu banyak potasium bisa berbahaya bagi mereka yang ginjalnya tidak berfungsi penuh.

Jika ginjal tidak mampu membuang kelebihan kalium dari darah, bisa berakibat fatal. Penting agar orang dengan masalah ginjal tidak mengonsumsi potasium dalam kadar yang berbahaya.

Bayam paling baik dikonsumsi sebagai bagian dari makanan bergizi yang lengkap. (*)

Leave a Reply