Rabu, 22 Mei 2024
Djogja Info

Manfaat tidur siang untuk kesehatan mental dan fisik

manfaat tidur siang. (pixabay)
manfaat tidur siang. (pixabay)
manfaat tidur siang. (pixabay)
manfaat tidur siang. (pixabay)

Djogjainfo – Lelah adalah kesibukan baru. Dalam survei tahun 2017 oleh Dewan Keamanan Nasional, sebuah organisasi nirlaba yang mengadvokasi keselamatan tempat kerja, dua pertiga responden mengatakan mereka merasa lelah di tempat kerja.

Lima puluh tiga persen merasa kurang produktif, dan 44 persen mengalami kesulitan fokus. (Healthline, 11/7)

Baca juga: Khasiat pepaya untuk kesehatan tubuh

Apa manfaat tidur siang?

Jika dilakukan dengan benar (ya, ada cara yang “benar” untuk tidur siang!), tidak ada salahnya untuk tidur siang. Faktanya, tidur siang singkat dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik Anda. Mari kita lihat manfaatnya.

1. Kognisi yang lebih baik

Tidur siang membuat Anda merasa lebih waspada. Pada gilirannya, otak Anda harus berfungsi lebih efisien.

Penelitian juga menunjukkan bahwa tidur siang mengurangi tingkat adenosin di otak. Adenosin adalah neurotransmitter yang mendorong tidur dan berperan dalam kognisi.

2. Peningkatan memori

Tidur siang dapat meningkatkan konsolidasi memori (proses di mana otak kita mengubah informasi menjadi memori jangka panjang). Tidur siang yang baik setelah mempelajari sesuatu yang baru tampaknya membantu kita menyimpan informasi itu.

Dalam sebuah studi kecil tahun 2019, para peneliti membagi 84 mahasiswa sarjana menjadi tiga kelompok. Semuanya menghabiskan waktu 90 menit untuk mempelajari spesies kepiting.

Kemudian satu kelompok tidur siang selama satu jam, kelompok kedua menghabiskan satu jam lagi untuk belajar (yaitu, “menjejalkan”), dan kelompok terakhir menonton film selama satu jam.

Kemudian mereka semua memiliki 90 menit terakhir sekolah kepiting. Setelah istirahat 30 menit, mereka mengikuti tes tentang apa yang mereka pelajari dan juga mengikuti tes lain seminggu kemudian.

Kelompok tidur siang dan “jejalkan” tampil lebih baik daripada kelompok film pada tes pertama. Kelompok tidur siang mengungguli semua orang pada tes kedua.

Penelitian lain menemukan bahwa tidur siang dapat membantu pembelajaran persepsi (mampu membedakan antara berbagai rangsangan) dan memori episodik (mengingat peristiwa atau pengalaman tertentu).

3. Meningkatkan kekebalan

Meskipun Anda harus tetap mencuci tangan dan mempraktikkan jarak fisik, tidur siang secara teratur dapat membantu sistem kekebalan tubuh Anda.

“Kurang tidur meningkatkan pelepasan penanda pro-inflamasi dan menyebabkan defisiensi imun,” kata Natasha Fuksina, MD, seorang dokter penyakit dalam bersertifikat. “Menangkal ini dengan tidur siang di siang hari selama beberapa hari meningkatkan sistem kekebalan dan fungsi seluler.”

Baca juga: Manfaat dan kandungan gizi sayur bayam

Misalnya, dalam sebuah penelitian kecil tahun 2015, 11 pria hanya tidur selama 2 jam dalam satu malam. Keesokan harinya, mereka tidur siang selama 30 menit dan kemudian mendapatkan istirahat malam penuh malam itu.

Tidur siang membantu mengurangi kadar sitokin inflamasi dan norepinefrin, bahan kimia yang membantu mengendalikan kekebalan. (*)

Leave a Reply