Sabtu, 13 Juli 2024
Djogja Info

Manfaatkan Banyak Wisatawan Malioboro, Ngupasan Perkuat UMKM

Ilustrasi produksi UMKM. (pixabay)
Ilustrasi produksi UMKM. (pixabay)
Ilustrasi produksi UMKM. (pixabay)
Ilustrasi produksi UMKM. (pixabay)

Djogjainfo – Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi hadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Ngupasan pada Jumat (21/1) di Kantor Kelurahan Ngupasan, Kemantren Gondomanan, Yogyakarta.

Dalam Musrenbang tersebut Heroe menyampaikan bahwa Ngupasan merupakan kawasan penyangga Malioboro dan memiliki potensi untuk ambil bagian dalam kegiatan ekonomi yang akan mendorong penguatan UMKM warga Ngupasan yang berujung pada peningkatan kesejahteraan warga.

“Malioboro dengan berbagai daya tariknya telah mampu menyedot wisatawan untuk hadir dan membelanjakan uangnya, oleh karena itu melalui Musrenbang bisa dirumuskan apa yang bisa dikerjakan dalam penguatan UMKM warga Ngupasan,” kata Heroe.

Wawali juga menyampaikan agar masyarakat tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan mengingat pandemi belum berakhir.

Saat ini Pemkot tengah melaksankan vaksinasi untuk anak usia 6 – 11 tahun dan vaksinasi ketiga (booster) bagi lansia.

“Dengan disiplin protokol kesehatan dan vaksin, kami optimis pembelajaran tatap muka bisa dilaksanakan dan kita semua akan mampu melewati ancaman varian baru Covid-19,” urai Wawali.

Sementara Wakil Ketua DPRD Kota Yogyakarta Dhian Novitasari menyampaikan apresiasi dan mendukung program yang sudah disusun dalam Musrenbang melalui fungsi penganggaran DPRD.

“Apa yang menjadi prioritas usulan pembangunan yang strategis dan mendukung jNgupasan sebagai destinasi wisata dan penyangga pariwisata Malioboro akan kami masukkan dalam Pokok-pokok Pikiran DPRD,” jelas Dhian.

Dhian juga berharap agar apa yang direncanakan jelas outputnya dan jelas dampak yang bisa dirasakan masyarakat, seperti naiknya kesejahteraan.

Setalah Musrenbang berakhir, Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi pun melanjutkan ke agenda berikutnya yakni menghadiri secara zoom ke Musrenbang Kelurahan kadipaten.

Menurut Gardani Ketua LPMK Kadipaten, Musrenbang Kelurahan Kadipaten yang dilaksanakan pada Jumat malam tersebut mengusung tema “Mewujudkan Kadipaten sebagai Never Ending Cultural Touruism Destinatiom” dengan strategi penguatan infrastruktur pariwisata dan penguatan SDM. (rls)

Leave a Reply