Rabu, 22 Mei 2024
Djogja Info

Memanjakan Mata Berwisata ke Bukit Kalikuning Lereng Merapi

Foto : visitingjogja/@_ivo_ovi
Foto : visitingjogja/@_ivo_ovi

Djogjainfo, Sleman – Salah satu tempat wisata yang asyik saat berada di Yogyakarta yakni kawasan Bukit Kalikung yang ada di lereng Merapi Kabupaten Sleman.

Kawasan wisata Bukit Kalikuning ini merupakan hasil pengelolaan oleh tim Taman Nasional Gunung Merapi. Dikutip dari visiting Jogja, pada Janua2017 lalu berbagai upaya dulakukan untuk mengembangkan bukit ini sebagai destiasi wisata.

Bukit Kali Kuning ini pun resmi dibuka menjadi tempat wisata pada Febriari 2017 sehingga masih tergolong destinasi wisata yang baru di Yogyakarta.

Kali Kuning sendiri merupakan sebuah sungai yang dulunya dialiri lahar saat terjadinya peristiwa meletusnya Gunung Merapi.

Sedangkan bukitnya saat ini menjadi destinasi wisata yang hits. Bukit Kalikuning mempunyai mata air yang mengalirkan air ke beberapa sungai.

Sungai yang dialiri mata air tersebut antara lain Cangkringan, Kalasan, Ngemplak, Berbah dan Pakem. Dari bukit ini juga terlihat pemandangan bukit batuan Andesit yang sangat memukau.

Terdapat beberapa tanaman bunga di kawasan wisata bukit ini yang jarang ditemukan di tempat lain, seperti kantong semar, bunga puspa dan bunga rasamala.

Berkunjung ke Bukit Kalikuning, kalian akan disuguhi panoama alam yang memanjakan mata. Pengunjung akan melewati sebuah kali kecil dengan nuansa yang adem disertai suara gemericik air.

Udara sejuk dan segar sepanjang perjalanan tidak akan membuat pengunjung lelah dan bosan.

Sesampainya di kawasan Bukit Kalikuning, akan banyak ditemukan spot foto yang keren. Hasil jepretan gambar pun akan sempurna berkat keindahan pemandangan sebagai latar belakang sekaligus sudut foto yang kekinian.

Jangan lupa lewatkan latar belakang Gunung Merapi yang tampak gagah dengan sesekali terselimuti awan putih. Pastikan mengabadikan setiap momen di kawasan wisata tersebut sebagai kenang-kenangan. (*)

 

Leave a Reply