Sabtu, 15 Juni 2024
Djogja Info

Mendapatkan banyak panggilan spam? Inilah cara menyingkirkannya

cara mengatasi panggilan tak diinginkan. (pixabay)
cara mengatasi panggilan tak diinginkan. (pixabay)
cara mengatasi panggilan tak diinginkan. (pixabay)
cara mengatasi panggilan tak diinginkan. (pixabay)

Djogjainfo – Kemungkinan Anda telah menemukan diri Anda dibanjiri oleh panggilan spam, SMS dan email pada satu waktu atau yang lain, dan bahkan jika Anda telah beralih ke solusi pihak ketiga seperti Truecaller, pemberitahuan berikutnya masih sering terbukti sedikit. (Techradar, 22/6)

Untungnya, bahkan tanpa aplikasi tambahan, perangkat Android dan iOS sudah memberi Anda kemampuan untuk memblokir panggilan dan spam yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Mozilla Perbarui Firefox Relay, Simak Ulasannya Berikut

Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan cara mengaktifkan fitur pemfilteran spam dan cara memblokir panggilan dari nomor tak dikenal; mencakup Android dan iOS, secara mandiri.

Cara mengaktifkan filter spam

Meskipun ada beberapa pengecualian, untuk sebagian besar perangkat Android, aplikasi Telepon asli Google sudah terpasang sebelumnya; berfungsi sebagai dialer default.

Baik itu ponsel murah, kelas menengah atau unggulan, mengalami panggilan spam sering kali sama dan – dengan asumsi handset Anda menggunakan aplikasi Telepon Google secara asli – menanganinya juga harus sama.

Bagi mereka yang menggunakan dialer dari produsen perangkat mereka (seperti Samsung) atau pihak ketiga, langkah-langkah untuk memblokir spam kemungkinan akan berbeda dari apa yang akan Anda temukan dalam panduan ini.

1. Buka aplikasi Telepon

2. Ketuk tiga titik di sudut kanan atas dan buka ‘Pengaturan’

3. Di bawah ‘Bantuan’, Anda akan melihat ‘ID Penelepon dan spam’

4. Nyalakan sakelar untuk ‘Lihat ID penelepon dan ID spam’

5. Selanjutnya, Anda juga harus mengaktifkan sakelar untuk ‘Filter panggilan spam’

Cara memblokir panggilan yang tidak diinginkan

Meskipun ada cara untuk mengidentifikasi dan menghindari penelepon spam, Anda mungkin ingin menambahkan nomor yang berhasil lolos dari filter atau memblokir nomor palsu yang diketahui secara permanen.

Ada dua cara untuk melakukan ini, satu adalah pergi ke daftar panggilan terakhir Anda dan tekan lama pada nomor yang ingin Anda blokir.

Setelah menu opsi muncul, pilih ‘Blokir/laporkan sampah’. Cara lainnya adalah menuju ke halaman pengaturan:

1. Dari menu pengaturan aplikasi Telepon yang sama, pilih ‘Nomor yang diblokir’

2. Nyalakan sakelar yang sesuai dengan ‘Tidak Dikenal’

3. Anda juga dapat menambahkan nomor secara manual dengan mengklik ‘Tambahkan nomor’ dan memasukkan nomor yang ingin Anda blokir.

Cara memblokir panggilan di iPhone

Memblokir panggilan di iPhone cukup mudah. Aplikasi Telepon asli iOS tidak menawarkan pilihan yang sama seperti dialer Google.

Jadi Anda mungkin harus mengandalkan aplikasi identifikasi panggilan pihak ketiga seperti Truecaller untuk membantu mengenali panggilan spam.

1. Buka aplikasi ‘Pengaturan’

2. Gulir ke bawah untuk mengakses bagian ‘Telepon’

3. Aktifkan ‘Senyapkan Penelepon Tidak Dikenal’. Ini adalah cara paling sederhana untuk menghindari panggilan spam tetapi, sayangnya, berarti Anda juga dapat melewatkan panggilan yang sah.

4. Untuk mengatasi ini, jika menggunakan Truecaller, aktifkan semua opsi di bawah ‘Pemblokiran & Identifikasi Panggilan’.

Baca Juga: Cara memasang tema Google Chrome di PC dan Mac

Langkah 4 sepenuhnya terserah Anda, tentu saja. Jika Anda telah menginstal Truecaller dan mengaktifkan fitur utamanya, Anda dapat memblokir panggilan secara langsung setelah diidentifikasi.

Aplikasi akan secara otomatis menambahkan nomor ke daftar nomor yang diblokir untuk Anda. (*)

Leave a Reply