Sabtu, 13 Juli 2024
Djogja Info

Menikmati Sunrise di Gunung Kukusan, Bisa Melihat 4 Gunung Sekaligus

Kawasan Wisata Gunung Kukusan. (@adityabagussantoso/visitingjogja)
Kawasan Wisata Gunung Kukusan. (@adityabagussantoso/visitingjogja)
Kawasan Wisata Gunung Kukusan. (@adityabagussantoso/visitingjogja)
Kawasan Wisata Gunung Kukusan. (@adityabagussantoso/visitingjogja)

Djogjainfo – Terletak di salah satu puncak perbukitan Menoreh, Gunung Kukusan ini secara administrative berada di Kulon Progo, Magelang dan juga Purworejo.

Kawasan wisata ini menjadi satu dengan area kebun teh Nglinggo di Kabupaten Kulon Progo. Gunung Kukusan menjadi salah satu spot menikmati matahari terbit di Yogyakarta.

Bagi kalian yang demen dengan wisata alam, wajib mendatanginya ketika berlibur di Yogyakarta. Untuk mendapatkan momen matahari terbaik, memang membutuhkan perjuangan.

Mulai dari berangkat subuh-subuh dengan cuaca dingin, berjalan menuju spot terbaik, hingga menunggu terbitnya matahari.

Tetapi perjuangan yang dikeluarkan akan terbayar ketika kamu melihat matahari terbit yang cantik dengan semburat warna kuning dan orange yang utuh.

Kalian juga harus mempersiapkan fisik kalau memang selama ini jarang olahraga. Sebab untuk menuju puncaknya, perlu melewati jalur trekking menaiki beberapa anak tangga dengan jarak sekitar 200 meter.

Medan jalannya pun setapak dan sedikit berpasir. Sedangkan waktu tempuh berjalan kalau memang kondisi kalian normal, membutuhkan sekitar 10 sampai 20 menit.

Saat berjalan pun kalian akan disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan berupa kebun teh saat pagi hari.

Gunung ini memiliki 2 puncak, yaitu puncak kendeng dan puncak dempok. Keduanya memiliki ketinggian yang berbeda. Puncak kendeng memiliki ketinggian yang lebih diabnding puncak dempok.

Menurut mitos, nama puncak kendeng diambil dari nama bayi yang dikubur dipuncaknya yaitu pangeran kendeng.

Pangeran kendeng dipercaya memiliki hubungan yang erat dengan pangeran diponegoro. Batu yang mirip dengan batu nisan di puncak kendeng dipercaya sebagai penanda makan dari pangeran kendeng.

Puncak dempok yang berada lebih rendah lebih banyak dipilih karena terdapat kursi dari bamboo yang bisa digunakan untuk istirahat sambil menikmati pemandangan yang tersaji.

Gunung kukusan sendiri memiliki 2 jalur untuk menuju 2 puncak tersebut. Jalur ke kiri menuju ke puncak dempok, sedangkan jalur kea rah kanan menuju ke puncak tertinggi Gunung Kukusan yaitu puncak kendeng.

Di puncak Gunung Kukusan ini apabila kalian beruntung dan cuaca cerah bisa melihat sunrise berlatarkan 4 gunung yang sangat terkenal.

Gunung tersebut adalah Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, atau para pendaki akrab menyebutnya 2S2M. (sumber: visitingjogja)

Leave a Reply