Selasa, 25 Juni 2024
Djogja Info

Microsoft meluncurkan saingan Chromebook dengan perangkat lunak khusus untuk sekolah

Ilustrasi siswa belajar. (pixabay)
Ilustrasi siswa belajar. (pixabay)
Ilustrasi siswa belajar. (pixabay)
Ilustrasi siswa belajar. (pixabay)

Djogjainfo – Saingan Microsoft untuk Chromebook Google akhirnya tersedia untuk sekolah dan siswa.

Pada bulan November raksasa perangkat lunak mengumumkan Windows 11 SE, versi sistem operasinya yang dirancang khusus untuk ruang kelas.

Dikatakan itu akan tersedia pada perangkat berbiaya rendah, dan dioptimalkan untuk Edge, Microsoft Office, dan alat berbasis cloud perusahaan lainnya seperti OneDrive.

Pengguna tidak akan dapat mengunduh aplikasi dari Windows Store karena tidak tersedia di mesin; sebagai gantinya, komputer memiliki pilihan aplikasi resmi yang dapat diinstal di dalamnya – seperti Zoom dan Google Chrome.

Sistem operasinya juga telah disederhanakan sehingga aplikasi hanya dapat berjalan dalam layar penuh, dan Tata Letak Snap hanya dimuat secara berdampingan. Widget juga telah dihapus, karena menurut Microsoft itu akan menjadi elemen yang mengganggu di kelas.

Perangkat berbiaya rendah itu, sementara itu, termasuk Surface Laptop SE dengan harga $ 249 di AS dan £ 229 di Inggris. Ada juga sejumlah laptop lain dari Acer, Asus, Dell, dan juga HP.

Ini hanya akan tersedia bagi sekolah untuk dibeli melalui pengecer resmi. Administrator TI dapat mengelola unduhan, penerapan, dan pengaturan keamanan perangkat – memastikan bahwa mereka hanya memperbarui di luar jam sekolah, misalnya.

Microsoft berharap upaya ini akan membantunya bersaing dengan Chromebook dan Chrome OS, perangkat lunak laptop Google yang telah terbukti populer di sekolah karena perangkat murah dan perangkat lunak online gratis seperti Google Documents, Spreadsheet, dan Slide. (*)

Leave a Reply