Sabtu, 13 Juli 2024
Djogja Info

Padusan di Jogja Bay Sleman, Ada Pentas Jathilan, dan hingga Bubble Foam Party

Pentas seni di Jogja Bay Sleman. (jogja bay)
Pentas seni di Jogja Bay Sleman. (jogja bay)
Pentas seni di Jogja Bay Sleman. (jogja bay)
Pentas seni di Jogja Bay Sleman. (jogja bay)

Djogjainfo, Sleman – Sambut hadirnya Bulan Suci Ramadhan 1443H pada Sabtu (2/4) mendatang, Jogja Bay Waterpark gelar ‘Event Padusan’ pada 28 Maret – 1 April 2022 mendatang.

Acara yang diselenggarakan di South Beach selama lima hari ini akan dimeriahkan dengan Pentas Seni Jathilan, Pertunjukkan Angklung, dan Bubble Foam Party.

Ritual padusan menjadi bagian dari tradisi masyarakat Jawa sejak zaman Raja Mataram Hamengku Buwono I yang tidak dapat dipisahkan jelang datangnya Bulan Suci Ramadhan.

Makna padusan yang berarti menyucikan diri serta membersihkan jiwa dan raga ini dulunya dilakukan di sumber mata air dan kolam kolam masjid.

Kini tradisi mandi di tempat pemandian umum dan tempat wisata menjadi primadona.

Tak ubahnya dengan Jogja Bay Waterpark yang hampir selalu menyedot perhatian masyarakat Jogja dan Jawa Tengah sebagai tempat ‘mandi’ atau padusan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hal ini disampaikan oleh Medha Zeli Elsita selaku Public Relation Jogja Bay Waterpark. Menurutnya, jelang datangnya Bulan Suci Ramadhan sebagian besar pengunjung sengaja datang untuk berlibur dan merayakan tradisi padusan bersama keluarga.

“Sebagai waterpark terbaik nomor 3 di Asia, Jogja Bay Waterpark menjadi salah satu tujuan wisata air di Daerah Istimewa Yogyakarta. Banyak orang memilih Jogja Bay Waterpark sebagai tempat gelaran tradisi padusan bersama keluarga jelang hadirnya Bulan Suci Ramadhan,” ujar Medha.

Dengan adanya momentum ini Jogja Bay Waterpark turut menggelar berbagai acara menarik untuk memeriahkan euphoria pengunjung.

Berbagai acara seperti Pentas Seni Jathilan, Pagelaran Musik Angklung, dan Bubble Foam Party dihadirkan secara bergantian pada Event Padusan tahun 2022 ini.

“Berbagai kegiatan menarik kami gelar pada 28 Maret hingga 1 April 2022. Pentas Seni Jathilan di hari Rabu (30/3), Pagelaran Musik Angklung pada hari Kamis (31/3), dan Bubble Foam Party selama pertunjukkan acara selain dua hari pagelaran seni tersebut,” jelas Medha.

Kesenian Jathilan merupakan kesenian yang telah lama dikenal oleh masyarakat Jogja dan Jawa Tengah.

Konon katanya tarian ini mengisahkan tentang latihan perang pasukan Mataram yang dipimpin Sultan Hamengku Buwono I untuk mengadapi pasukan Belanda.

“Pentas Seni Jathilan ini kami hadirkan dalam Event Padusan Jogja Bay Waterpark 2022 menarik garis lurus tradisi masyarakat yang sama dari zaman pemerintahan Raja Mataram Hamengku Buwono I. Tak hanya itu, pagelaran musik angklung turut kami sajikan dalam liburan terakhir sebelum puasa,” jelasnya.

Acara ini turut dimeriahkan dengan hadirnya “Bubble Foam Party” yang selalu ditunggu-tunggu oleh pengunjung untuk mengawali keseruan liburan di Jogja Bay Waterpark.

Keseruan pementasan seni musik, tari, dan hadirnya gelembung busa ini dapat dinikmati oleh seluruh pengunjung di dalam Area Wahana.

Untuk keamanan dan kenyamanan pelayanannya sendiri Jogja Bay Waterpark telah mengantongi Sertifikat CHSE dari Kemenparekraf.

Tidak luput juga Jogja Bay juga memberlakukan protokol kesehatan 3M dan membatasi jumlah pengunjung sebanyak 50% sesuai anjuran dari pemerintah daerah.

Mengutamakan keamanan dan kenyamanan pengunjung di masa new normal ini menjadi prioritas Jogja Bay Waterpark sebagai Waterpark Terbaik Nomor 3 di Asia versi Travellers Choice TripAdvisor 2019.

Jogja Bay Waterpark berkomitmen akan memberikan pelayanan terbaik di libur lebaran nantinanti dengan melakukan maintenance penuh 2-15 April 2022 mendatang.

“Mempersiapkan high season lebaran, Jogja Bay akan menutup area wahana air di dua minggu pertama Bulan Ramadhan untuk dilakukan perbaikan. Tanggal 16 April 2022 Jogja Bay Waterpark akan sajikan ‘Festival Salam Ramadhan’ dan akan kembali beroperasi normal di hari kedua Hari Raya Idul Fitri pada tanggal 2 Mei 2022,” paparnya. (rls)

Leave a Reply