Senin, 24 Juni 2024
Djogja Info

Pakem Raih Prestasi Jadi Penyaji Terbaik di Festival Upacara Adat Sleman

Festival upacara adat di Sleman. (Dinas Kebudayaan Sleman)
Festival upacara adat di Sleman. (Dinas Kebudayaan Sleman)
Festival upacara adat di Sleman. (Dinas Kebudayaan Sleman)
Festival upacara adat di Sleman. (Dinas Kebudayaan Sleman)

Djogjainfo, Sleman – Kapanewon Pakem meraih prestasi sebagai penyaji terbaik pertama dalam Festival Upacara Adat dan Tradisi Budaya Tahun 2022.

Festival ini diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman Sabtu dan Minggu 11-12 Juni 2022 di Gedung Serbaguna, Denggung, Sleman.

Menurut ketiga dewan juri yaitu Prof. Dr Suwarno Dwijo Nagoro. M.Pd, Sukoco, dan Drs. Untung Waluyo bahwa Kapanewon Pakem yang menyajikan “Merti Bumi Cemaraharjo” menjadi penyaji terbaik pertama dengan perolehan nilai 965.

Menyusul penyaji terbaik kedua adalah Kapanewon Ngemplak yang menyajikan “Upacara Ruwat Umbul Pajangan” dengan nilai 963 dan penyaji terbaik ketiga Kapanewon Tempel yang menyajikan “Boyong Padi Lumbung Dusun” dengan nilai 937.

“Juara harapan pertama Kapanewon Turi yang menyajikan “Dumadining Pulesari” dengan nilai 933, juara harapan kedua Kapanewon Depok yang menyajikan “Wiwitan” dengan nilai 915,” katanya.

Sedangkan penata iringan terbaik diraih oleh Kapanewon Berbah, penata kostum terbaik diraih oleh Kapanewon Ngaglik, dan penata artstik terbaik dirah oleh Kapanewon Kalasan.

Sementara itu, Bupati Sleman Dra. Hj. Kustini Sri Puromo yang hadir dan membuka festival tersebut menyampaikan bahwa Festival Upacara Adat dan Tradisi Budaya Tahun 2022 sebagai salah satu upaya melestarikan seni dan budaya sekaligus menjadi ajang promosi bagi keberagaman budaya dan pariwisata di Kabupaten Sleman.

Harapan dari Festival ini adalah untuk memberi pengetahuan dan gambaran tentang Upacara Adat di wilayah Kabupaten Sleman sesuai dengan keadaan aslinya dan diangkat kedalam seni pertunjukan berikut nilai-nilai luhur yang melekat padanya.

“Selain itu, juga sebagai apresiasi bagi seniman-senimawati yang ada di Kabupaten Sleman,” paparnya.

Festival Upacara Adat dan Tradisi Budaya Tahun 2022 ini disiarkan secara langsung di kanal Youtube Kundha Kabudayan Kabupaten Sleman dan dibiayai BKK Dana Istimewa Provinsi DIY. (*)

Leave a Reply