Sabtu, 15 Juni 2024
Djogja Info

Panduan memulai taman kecil di rumah untuk pemula

langkah mudah membuat taman rumah. (pixabay)
langkah mudah membuat taman rumah. (pixabay)
langkah mudah membuat taman rumah. (pixabay)
langkah mudah membuat taman rumah. (pixabay)

Djogjainfo – Dengan aroma bunga yang menyenangkan, sayuran berwarna-warni, dan penghilang stres yang baik, memulai berkebun bisa menjadi penghilang stres yang Anda butuhkan.

Selain banyak manfaatnya, berkebun memberikan efek menenangkan yang terpancar positif di dalam dan sekitar rumah.

Namun, jika Anda baru pertama kali berkebun, tidak mudah untuk mengetahui apa yang harus dilakukan atau harus mulai dari mana.

Nah, tidak harus membosankan jika Anda memecah prosedur menjadi langkah-langkah kecil. Berikut adalah beberapa langkah untuk membantu Anda memulai di taman kecil Anda yang indah.

1. Apa yang kamu tanam?

Persempit apa yang Anda pertimbangkan untuk menanam, sayuran, buah-buahan, taman bunga, atau kebun herbal.

Jika Anda pergi ke kebun sayur, pilihlah sayuran musiman sederhana yang Anda atau keluarga Anda makan.

Hal yang sama berlaku untuk buah-buahan. Jika Anda mencari bunga dan tumbuhan, pilih bunga berdaun atau bunga musiman dan pahami pola pertumbuhannya terlebih dahulu.

2. Penempatan tanaman

Sebagian besar tanaman membutuhkan setidaknya tujuh delapan jam sinar matahari setiap hari. Anda perlu memutuskan tempat di balkon atau taman dan di mana Anda akan menanam jenis tumbuhan dan tanaman tertentu.

Misalnya, tomat dapat tumbuh subur di bawah sinar matahari yang sedikit, sedangkan capsicum membutuhkan sinar matahari.

Mintalah saran dari tukang kebun atau baca tentang berbagai tanaman dan di mana Anda dapat menanamnya sesuai dengan ruang yang tersedia untuk Anda.

3. Bersihkan tempat

Setelah menentukan tempat menanam, bersihkan area tersebut dari rumput, rumput liar, rumput, dll. Jika sebelumnya Anda memiliki taman, pastikan tanahnya masih subur atau ganti.

Anda dapat menggunakan metode pembersihan yang berbeda berdasarkan ide berkebun Anda, apakah itu untuk jangka panjang atau musiman. Pastikan area Anda dapat diterapkan dan siap sebelum menguji tanah.

4. Kenali tanah Anda

Daerah yang berbeda memiliki jenis tanah yang berbeda yang cocok untuk tanaman. Bahkan tanaman individu membutuhkan tanah asing; pastikan Anda meneliti hal yang sama.

Anda bahkan dapat bertanya kepada tukang kebun atau penjaga toko di mana Anda membeli tanaman. Pastikan Anda memperhatikan iklim juga sambil mempertimbangkan jenis tanah.

Selalu tambahkan bahan organik ke tanah Anda. Sekarang ada kit DIY yang tersedia untuk membuat tanah Anda kaya.

5. Longgarkan tanah

Setelah memilih tanah dan area, longgarkan tanah beberapa hari sebelum tanam. Ini akan membantu tanaman menyebarkan akarnya dengan cepat karena tanahnya disesuaikan dengan baik dan penuh nutrisi.

Ingatlah untuk tidak berlebihan mencampur tanah. Jika tanah terlalu lembab, itu akan membentuk bola di kepalan tangan Anda, atau jika terlalu kering, itu akan tergelincir. Terakhir, pastikan tanah dalam kondisi ringan namun kering.

6. Mulai taman Anda

Setelah semuanya selesai, Anda dapat menentukan waktu di pagi atau sore hari untuk menanam taman indah Anda. Pastikan Anda membaca informasi paket benih tentang waktu dan jarak tanam.

Ambil tanah, pupuk, dan air yang tepat untuk menikmati teh sore yang menenangkan di kebun Anda. (*)

Leave a Reply