Sabtu, 15 Juni 2024
Djogja Info

Pasir Putih dan Birunya Air Laut Pantai Greweng Gunungkidul

Pantai Greweng Gunungkidul. (@pantaigreweng)
Pantai Greweng Gunungkidul. (@pantaigreweng)

Djogjainfo, Gunungkidul – Pantai Greweng merupakan salah satu pantai yang berada di Gunungkidul, yang menawarkan panorama hamparan pasir putih, birunya air laut dan suara deburan ombak.

Pantai ini berlokasi di Pendowo, Jepitu, Girisubo atau tepatnya berada di sebelah timur Pantai Wediombo.

Baca juga: Kunjungan Wisatawawan di Pementasan Sendratari Ramayana Meningkat

Membutuhkan waktu sekitar dua jam dari pusat Kota Yogyakarta untuk menuju ke pantai ini, dengan jarak sekitar 74 kilometer.

Pantai Greweng mempunyai akses jalan yang sedikit menantang. Sebab, ketika tiba di parkiran harus berjalan kaki terlebih dahulu sekitar 1 kilometer untuk mencapai bibir pantai.

Saat jalan menuju ke tepi pantai itu, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan yang unik dan berbeda. Seperti hutan dengan batu karst di sekelilingnya yang warga setempat menyebutnya Hutan Batu.

Batuan karst ini sering ditemui di daerah Gunungkidul. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat menemui sungai yang mengalir menuju pantai.

Kalian juga akan menemui area rimbunan pohon di sekitar jalan. Menurut masyarakat setempat, lokasi tersebut adalah pasar alam gaib atau pasar jin. Cukup banyak cerita mistis mengenai pasar alam gaib tersebut.

Nah, untuk panorama khas di Pantai Greweng ini berupa hamparan pasir putih, birunya air laut dan suara deburan ombak. Karena tidak banyak yang berkunjung ke sini, Pantai Greweng cenderung sepi.

Sehingga suasana yang dihasilkan cukup tenang dan menyejukkan. Garis pantai yang dimiliki Pantai Greweng juga terbilang kecil, hanya sekitar 150 m.

Pantai Greweng terhimpit oleh 2 bukit karst di kanan kirinya yang membentuk teluk, bila dilihat dari atas menggunakan drone.

Bukit-bukit yang tinggi inilah yang menutupi Pantai Greweng, sehingga ombak yang dihasilkan tidak begitu keras, karena sudah terhalang oleh bukit karst.

Baca juga: Taruna Akademi TNI Kunjungi Muspusdirla, Ini Pesan Kepala Museum

Di pantai yang menjorok ke dalam ini, pengunjung diperkenankan berenang namun hanya di pinggir pantai tidak sampai tengah pantai. Juga harap berhati-hati, sebab cukup banyak batu karang yang tersebar di Pantai Greweng.

Pantai Greweng ini menjadi lokasi favorit untuk camping. Lokasinya yang terpencil, pantai yang cukup landai, ombak yang tidak begitu besar dan suasana yang tenang, membuat pengunjung ingin berkemah di sini. (*)

Leave a Reply