Selasa, 18 Juni 2024
Djogja Info

Penerimaan Mahasiswa Baru di Kampus Jogja Mulai Dibuka, Ada UII Yogyakarta

dok. humas uii
dok. humas uii

Djogjainfo – Penerimaan mahasiswa baru di kampus Jogja sudah mulai dibuka salah satunya di Universitas Islam Indonesia atau UII Yogyakarta untuk tahun akademik 2023/2024.

Baca juga: Mahasiswa UNY Rancang Aplikasi Bantu Anak Disgrafia Dapat Menulis

Penerimaan mahasiswa baru di UII ini telah dibuka sejak Selasa, 20 Desember 2022 lalu. Ada beragam program studi dengan reputasi dan kualitas unggul yang ditawarkan di kampus ini.

Adapun untuk rinciannya yakni 26 Program Studi Sarjana, 3 Program Studi Sarjana Terapan, dan 1 Program Studi Diploma.

UII juga menawarkan kemudahan dalam penerimaan mahasiswa baru kali ini, yaitu melalui berbagai pola seleksi.

Berbagai pola seleksi yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa, di antaranya Computer Based Test (CBT), Paper Based Test (PBT), Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB), dan Seleksi Berbasis Rapor (Siber).

Pola seleksi yang telah dibuka pada awal pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru di UII ini yakni CBT di Kampus UII dan Siber. Pola seleksi lainnya akan dibuka secara bertahap selanjutnya.

Pola seleksi CBT adalah tes berbasis komputer yang diselenggarakan di Kampus Terpadu UII serta sekolah mitra UII di beberapa kota di Indonesia.

Sedangkan untuk hasil seleksinya, bisa segera diketahui setelah tes selesai.

Kemudian untuk pola seleksi PBT adalah pola seleksi melalui Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM) yang diselenggarakan secara tertulis di sekolah mitra UII yang berada di berbagai daerah.

UII juga membuka kesempatan bagi calon mahasiswa dari negara lain yang berminat menuntut ilmu di UII.

Selanjutnya untuk pola seleksi Siber yang diinisiasi kampus saat terjadi pandemi Covid-19 masih akan tetap dipertahankan.

Pola seleksi Siber ini terbukti efektif dan memfasilitasi kemudahan bagi pendaftar dalam mengikuti proses seleksi dengan memasukkan nilai rapor secara daring.

Lalu untuk Pola seleksi PSB adalah melalui asesmen prestasi bidang akademik atau minat-bakat yang dimiliki siswa.

Para calon mahasiswa difasilitasi melalui pola seleksi PSB Beasiswa Hafizah Hafiz, PSB Beasiswa Santri, PSB Beasiswa Duafa, PSB Beasiswa Atlet & Seni, serta PSB Beasiwa KIP.

Baca juga: Membanggakan! 3 Perguruan Tinggi Muhammadiyah Duduki 23 Universitas Terbaik Asia

Proses pendaftaran PMB UII dilaksanakan sampai dengan 28 Juli 2023.

Informasi lebih lanjut mengenai jadwal pada masing-masing pola seleksi dapat dibaca lebih lanjut melalui pmb.uii.ac.id. (*)

Leave a Reply