Sabtu, 13 Juli 2024
Djogja Info

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kepulauan Mentawai, Sejarah dan Tujuan PAFI

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kepulauan Mentawai, Sejarah dan Tujuan PAFI. (Ist)
Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kepulauan Mentawai, Sejarah dan Tujuan PAFI. (Ist)

Djogjainfo – Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kepulauan Mentawai merupakan salah satu cabang dari organisasi PAFI yang ada di Indonesia.

PAFI atau Persatuan Ahli Farmasi Indonesia yang sudah ada di sejumlah wilayah di Tanah Air ini kantor pusatnya berada di Jakarta.

Sedangkan untuk PAFI Kepulauan Mentawai berlokasi di Kabupaten Mentawai, Sumatra Barat.

Apa itu PAFI?

Dilansir dari laman resmi PAFI Kepulauan Mentawai, ahli farmasi Indonesia ini sudah ada sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada 17 Agustus 1945 silam.

Para ahli farmasi ini ikut berjuang bersama dengan seluruh elemen masyarakat dalam upaya mengusir penjajah dari Tanah Air.

Seusai deklarasi kemerdekaan, para ahli farmasi ini pun juga ikut aktif mempertahankan NKRI. Termasuk juga dalam upaya pengembangan masyarakat serta Negara.

Karena perannya tersebut, para ahli farmasi ini pun menjadi salah satu potensi pembangunan yang tak pernah absen dalam perjuangan pembangunan.

Di samping tugas kesehariannya, peran ahli farmasi ini juga terus melakukan upaya peningkatan kesejahteraan umum. Terutama pada sektor kesehatan masyarakat serta farmasi.

Organisasi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia atau PAFI ini resmi terbentuk pada 13 Februari 1946 silam di Yogyakarta.

Dibentuknya organisasi ini sebagai wadah guna menghimpun seluruh tenaga yang bakti karyanya pada sektor farmasi.

PASI serta Pengurus Pusat PAFI ini berkedudukan di wilayah NKRI dengan berazas Pansila. Sifat dari organisasi ini berupa kekaryaan serta pengabdian.

Tujuan PAFI adalah?

Tujuan dari organisasi PAFI ini ada beberapa hal. Pertama yakni berupaya mewujudkan masyarakat adil dan makmur dengan berdasar Pansila serta UUD 1945.

Sedangkan untuk tujuan kedua, yaitu mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat Indonesia.

Selanjutnya tujuan ketiga, mengembangan dan meningkatkan pembangunan farmasi Indonesia. Terakhir yakni meningkatkan kesejahteraan anggota.

Alamat lengkap Pafi Kepulauan Mentawai ini berada di Simatalu, Siberut Bar, Kabupaten Mentawai, Sumatra Barat.

Sedangkan untuk kontak hubungnya di nomor telepon +6285774183123. Sementara itu alamat surat elektroniknya di admin.pafikepulauanmentawai@gmail.com. (*)

Leave a Reply