Rabu, 22 Mei 2024
Djogja Info

Rekomendasi buah untuk diet diabetes, apa saja?

pixabay
pixabay
pixabay
pixabay

Djogjainfo – Jika Anda memiliki diabetes tipe 2, Anda tahu betapa pentingnya memperhatikan konsumsi karbohidrat.

Saat Anda makan karbohidrat, tubuh Anda mengubahnya menjadi gula, yang secara langsung memengaruhi kadar gula darah Anda.

Baca juga: Kandungan dan manfaat kacang tanah untuk kesehatan

Karena buah cenderung kaya akan karbohidrat (terutama gula, glukosa dan fruktosa) apakah buah bisa masuk dalam diet makan diabetes?

Jawabannya ya, buah adalah cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi sekaligus memuaskan rasa manis Anda, menurut American Diabetes Association (ADA).

ADA menyarankan Anda untuk menghitung buah sebagai karbohidrat dalam rencana makan Anda. Apa saja pilihan buah terbaik?

Pilihan terbaik adalah buah segar, menurut ADA. Mereka juga merekomendasikan buah beku atau kalengan yang tidak mengandung gula tambahan.

Dikutip dari Healthline, buah-buahan segar yang direkomendasikan meliputi:

– apel
– blueberry
– ceri
– jeruk bali
– anggur
– jeruk
– Persik
– pir
– prem

Sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam British Medical Journal menyimpulkan bahwa konsumsi buah utuh, apel, blueberry, dan anggur secara signifikan dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

Kesimpulan

Buah dapat dan harus menjadi bagian dari diet diabetes Anda. Tetapi perhatikan kontrol porsi – sekitar 15 gram per porsi – dan pastikan untuk menghitung buah sebagai karbohidrat dalam rencana makan Anda.

Baca juga: Manfaat dan kandungan gizi sayur bayam

Nutrisi yang baik adalah alat perawatan diabetes yang penting. Jika Anda menderita diabetes, rencana makan yang disesuaikan dapat membantu menyeimbangkan asupan karbohidrat dan obat-obatan untuk mengontrol kadar gula darah Anda. (*)

Leave a Reply