Selasa, 25 Juni 2024
Djogja Info

Rumah Indis di Bantul, Sempat Difungsikan Jadi Pabrik Peci

Rumah Indis di Bantul. (BPCB DIY)
Rumah Indis di Bantul. (BPCB DIY)
Rumah Indis di Bantul. (BPCB DIY)
Rumah Indis di Bantul. (BPCB DIY)

Djogjainfo, Bantul – Sebuah rumah di Dusun Nogosari, Trirenggo, Kabupaten Bantul yang dibangun sekitar 1959 silam oleh Gitu Sumajoyo sampai saat ini bangunannya masih relatif asli.

Rumah Indis tersebut merupakan milik Gito Sumajoyo yang kemudian diwariskan kepada putranya bernama Budi Raharjo.

Baca juga: One Piece Chapter 1048 mengungkapkan hasil pukulan Luffy!

Sebelum Budi Raharjo meninggal dunia, rumah itu sempat digunakan sebagai pabrik peci dan masker. Selanjutnya, rumah itu kemudian diwariskan kepada anak bungsunya bernama Dina Ari A. yang kini tinggal di Surabaya.

Dikutip dari situs BPCB DIY, rumah itu sampai saat ini masih aktif digunakan oleh kegiatan masyarakat. selain itu juga ditinggali oleh anak Budi Raharjo lainnya bernama Didik Indradi.

Rumah tersebut sampai saat ini baru melalui beberapa kali rehap, seperti penambahan bagian plafon dan penggantian lantai keramik.

Sedangkan untuk atap bangunan dari genteng tanah liat. Dinding terbuat dari batu bata yang diplester dan dicat putih.

Pada bagian bawah dinding diberi batu tempel dan dicat hitam. Pintu dan jendela rangkap berbentuk krepyak dibuat dari panil kayu.

Baca juga: One Piece Episode 1015: Kilas Balik Hubungan Yamato dan Ace

Di atas pintu dan jendela terdapat jajaran ventilasi rooster. Sedangkan jendela di sisi dinding yang lain merupakan jendela dengan bahan panil kayu dan di atas jendela terdapat konsul/cukit.

Pada bagian depan rumah terdapat teras. Pada ruang keluarga terdapat ambang pintu berbentuk lengkung dengan sistem rolak. (*)

Leave a Reply