Rabu, 22 Mei 2024
Djogja Info

Samsung Galaxy S22 vs Realme GT Neo 3: Siapa yang paling Menarik?

Samsung Galaxy S22. (Youtube)
Samsung Galaxy S22. (Youtube)
Samsung Galaxy S22. (Youtube)
Samsung Galaxy S22. (Youtube)

Djogjainfo – Realme diam-diam menjadi salah satu pembuat smartphone harga menengah yang paling menarik di pasar.

Dengan Realme GT Neo 3, sekali lagi memiliki tampilan seperti Samsung Galaxy S22, yang ingin menawarkan pengalaman kompetitif yang luas dengan harga ratusan pound lebih murah.

Baca juga: Firefox versi terbaru telah hadir, saatnya untuk beralih dari Google Chrome?

Samsung Galaxy S22 vs Realme GT Neo 3: harga dan ketersediaan

Samsung Galaxy S22 diluncurkan dengan harga mulai dari $799 / £769 / AU$1.249 untuk 128GB, sementara $849 / £819 / AU$1.349 akan memberi Anda model 256GB.

Realme GT Neo 3 diluncurkan dengan harga £599 (sekitar $750 / AU$1,040) untuk satu-satunya versi 12GB/256GB.

Realme telah secara efektif berhasil melemahkan Samsung Galaxy S22 dengan £ 220 di sini, jika Anda membandingkan suka untuk suka.

Samsung Galaxy S22 vs Realme GT Neo 3: desain

Kedua ponsel ini memiliki bodi melengkung dan layar datar, tetapi Samsung Galaxy S22 unggul dalam gaya dan keanggunan.

Untuk satu hal, ini adalah ponsel yang lebih kecil dari keduanya, berukuran hanya 146 x 70.6 x 7.6mm dengan berat 168g. Itu dibandingkan dengan Realme GT Neo 3 yang secara signifikan lebih besar 163,3 x 75,6 x 8,2mm dan 188g.

Ponsel Samsung juga mendapat manfaat dari modul kamera “Contour Cut” perusahaan yang bergaya, yang membedakannya dari merek ponsel cerdas lainnya.

Sementara itu, modul kamera datar persegi panjang Realme terasa cukup mencolok.

Kedua ponsel memiliki kamera selfie hole-punch yang ditempatkan secara terpusat, untuk apa pun nilainya.

Dalam hal kualitas build, hanya Galaxy S22 yang hadir dengan peringkat IP68 – atau peringkat IP apa pun, dalam hal ini.

Pilihan pilihan warna Samsung lebih berkelas dan lebih bervariasi: tersedia dalam Phantom Black, White, Pink Gold, Green, Graphite, Sky Blue, Violet, dan Cream, tergantung pada wilayah Anda.

Realme hanya menawarkan tiga warna: Nitro Blue, Sprint White, dan Asphalt Black. Model biru mengusung desain yang agak norak – meskipun tidak diragukan lagi eye-catching – dual-racing-stripe, sedangkan model hitam memiliki kilau hijau yang menyenangkan saat dipegang miring.

Secara keseluruhan, ini adalah kemenangan untuk Galaxy S22 di bagian depan desain.

Samsung Galaxy S22 vs Realme GT Neo 3: tampilan

Salah satu alasan utama mengapa ponsel Samsung jauh lebih kecil daripada perangkat Realme adalah karena ia hadir dengan tampilan yang jauh lebih kecil. Kami berbicara 6,1 inci sebagai lawan 6,7 inci.

Namun, keduanya menggunakan teknologi panel layar AMOLED yang dinamis dan menghadirkan resolusi FHD+ yang serupa.

Ini juga terkait dengan kecepatan refresh, dengan kedua panel mampu mencapai ketinggian 120Hz yang memabukkan. Namun, hanya Galaxy S22 yang dapat turun serendah 10Hz, yang membuatnya lebih efisien.

Samsung menggunakan sensor sidik jari ultrasonik yang lebih aman dan canggih di bawah layar itu, sedangkan Realme memilih varian optik yang lebih standar. Keduanya dapat diandalkan dan sangat cepat.

Samsung Galaxy S22 vs Realme GT Neo 3: kamera

Samsung Galaxy S22 memiliki sistem tiga kamera yang dipimpin oleh sensor lebar 50 megapiksel baru dengan aperture f/1.8.

Realme GT Neo 3 juga mengemas sistem tiga kamera yang dipimpin oleh sensor lebar 50 megapiksel baru (setidaknya untuk seri GT), bersama dengan aperture f/1.9.

Kedua ponsel mengambil bidikan yang sangat baik dalam berbagai kondisi pencahayaan. Itu bisa dibilang lebih mengesankan di Realme karena harganya yang lebih rendah.

Namun, di mana Galaxy S22 benar-benar membuktikan keberaniannya adalah dengan kamera tambahan tersebut. Ultra-wide 12-megapikselnya mengambil bidikan lanskap yang solid dengan nada warna yang relatif konsisten, sedangkan ultra-wide 8-megapiksel Realme GT Neo 3 cukup mengecewakan.

Sementara itu, Galaxy S22 mendapatkan kamera telefoto 10 megapiksel khusus yang mampu melakukan zoom optik 3x. Realme tidak mendapatkan ketentuan telefoto sama sekali, dan sebaliknya menyediakan kamera makro 2 megapiksel yang tidak berguna.

Secara keseluruhan, sistem kamera Samsung Galaxy S22 jauh lebih lengkap daripada Realme GT Neo 3, meskipun ilmu warna Samsung yang tajam adalah sesuatu yang didapat dari selera.

Samsung Galaxy S22 vs Realme GT Neo 3: spesifikasi dan kinerja

Samsung Galaxy S22 akan ditenagai oleh chip Snapdragon 8 Gen 1 atau Exynos 2200, tergantung di mana Anda membelinya. Keduanya adalah chip 4nm yang memberikan daya yang kira-kira setara, meskipun Snapdragon pasti memiliki keunggulan.

Realme telah mengemas ponselnya dengan chipset MediaTek Dimensity 8100 yang kurang mainstream, dibangun dengan standar 5nm yang sedikit kurang canggih. Ini memberikan kinerja yang mengesankan, dengan skor multi-core Geekbench 5 yang unggul, jika skor single-core sedikit lebih rendah, ke Samsung.

Di tangan, kedua handset memberikan kinerja yang mengesankan, baik saat Anda melakukan banyak tugas, bermain game, atau sekadar menavigasi layar beranda dan menu.

Di bagian depan memori, Galaxy S22 menawarkan 8GB, sedangkan GT Neo 3 hadir dengan 12GB. Sementara itu, Samsung Galaxy S22 menyediakan pilihan penyimpanan internal 128 atau 256GB, sedangkan Realme memberikan 256GB.

Samsung Galaxy S22 vs Realme GT Neo 3: baterai

Tak satu pun dari ponsel ini memiliki kapasitas baterai yang sangat besar. Sesuai dengan dimensi mungilnya, Galaxy S22 memasok sel 3700mAh, sedangkan GT Neo 3 menggunakan baterai 4500mAh. Tentu saja, Samsung memiliki tampilan daya yang jauh lebih kecil.

Tidak mengherankan, tidak ada ponsel yang benar-benar memukau kami untuk stamina. Keduanya akan membantu Anda menjalani hari penuh penggunaan intensif, tetapi mungkin tidak banyak yang tersisa di tangki pada akhirnya.

Situasi pengisian menghasilkan keberuntungan yang beragam. Realme GT Neo 3 benar-benar menyempurnakan putaran pengisian kabel, dengan pengisi daya 150W yang menakjubkan yang disertakan dalam kotak. Ponsel Samsung hanya mendukung pengisian daya 25W, dengan Anda harus menyediakan pengisi daya itu sendiri.

Pengisi daya realme yang ditingkatkan benar-benar sangat cepat. Setelah aktif, mengisi daya ponsel hingga 100% hanya dalam 15 menit.

Tabel berubah ketika datang ke pengisian nirkabel. Ponsel Samsung memberikan pengisian nirkabel 15W, sementara handset Realme tidak memberikan opsi seperti itu sama sekali.

Samsung Galaxy S22 vs Realme GT Neo 3: takeaway

Realme telah mengambil langkah berani untuk memberikan pengalaman unggulan yang ditawarkan Galaxy S22 dengan harga lebih murah, dan berhasil dalam beberapa cara.

Ada pengisian daya yang jauh lebih cepat, layar AMOLED 120Hz yang lebih besar, kamera utama yang kompetitif, dan kinerja yang sama lincahnya.

Baca juga: Layanan aplikasi YouTube Go akan dihentikan Agustus mendatang

Namun, kelas Samsung Galaxy S22 yang lebih besar pada akhirnya bersinar, dengan perangkat yang menawarkan desain yang lebih canggih, sistem kamera yang lebih baik, peringkat IP68 yang meyakinkan, dan pengisian daya nirkabel.

Ini adalah ponsel serba lebih baik; tapi kita harus kembali ke harga itu. Jika anggaran Anda tidak sampai sejauh Galaxy S22, maka Realme GT Neo 3 memberikan pertunjukan yang layak dan hampir menjadi unggulan dengan uang yang jauh lebih sedikit. (*)

Leave a Reply