Sabtu, 13 Juli 2024
Djogja Info

Sayuran Protein Tinggi: Bayam, Kubis, Kol, Sawi, Brokoli

Sayuran Protein Tinggi: Bayam, Kubis, Kol, Sawi, Brokoli. (pixabay)
Sayuran Protein Tinggi: Bayam, Kubis, Kol, Sawi, Brokoli. (pixabay)

Djogjainfo – Beberapa jenis sayuran memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein ini merupakan salah satu nutrisi yang cukup penting untuk kesehatan tubuh.

Protein ini berperan membantu tubuh membangun dan memperbaiki jaringan. Sejumlah makanan dari hewani memang punya kandungan protein paling tinggi.

Dilansir dari medical news today, beberapa jenis sayuran pun punya kandungan protein dalam jumlah tinggi. Berikut beberapa di antaranya.

Bayam

Salah satu sayuran dengan protein tinggi adalah bayam. Bayam adalah sayur berdaun hijau paling padat nutrisi yang bisa dikonsumsi.

Kandungan nutrisinya ada 0,7 gram per 25 gram bayam mentah. Sedangkan untuk 100 gram bayam, punya kandungan 2,9 gram protein dan 23 kalori.

Protein dalam sayur bayam ini diketahui menyumbang 50 persen kalorinya. Dalam protein di baya mini, ada semua asam amino esensial. Kemudian ada 121 mcg vitamin K, yang memenuhi lebih dari 100 persen kebutuhan harian seseorang.

Kandungan lain yang ada dalam sayur bayam adalah folat, vitamin A, vitamin C, sumber magnesiaum dan potasium yang baik.

Kubis cina

Kubis cina diketahui mempunyai kandungan protein per kalori yang cukup tinggi. Setiap 70 gram parturan sawi putih memiliki kadnungan 1,1 gram protein.

Sedangkan setiap 100 gram kubis cina, diketahui mempunyai 1,5 gram protein dan 13 kalori. Proteinnya menyumbang 46 persen kalorinya.

Sawi

Sayuran selanjutnya dengan kandungan protein tinggi adalah sayi, yakni setiap 56 gram sawi cincang memiliki 1,6 gram protein.

Sedangkan setiap 100 gram sawi hijau, untuk proteinnya ada 2,9 gram dan 27 kalori.

Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang cukup populer dan punya kandungan protein dengan semua asam amino esensial.

Setiap 88 gram brokoli cincang ini memiliki sebanyak 2,5 gram protein. Sedangkan 100 gram brokoli, ada 2,8 gram protein dan 34 kalori.

Kembang kol

Kembang kol diketahui juga ada kandungan protein yang cukup tinggi, yakni setiap 107 gram kembang kola da 2 gram protein.

Sementara itu untuk 100 gram kembang kol, memiliki 1,9 gram protein dan 25 kalori. (*)

Baca juga:

Leave a Reply