Selasa, 25 Juni 2024
Djogja Info

Sudah Tahu Manfaat Minum Teh Dicampur Susu? Ini Dia Efeknya

minum teh dicampur susu. (pixabay)
minum teh dicampur susu. (pixabay)

Djogjainfo – Teh adalah salah satu minuman paling populer di dunia, dan meminumnya dianggap memberikan berbagai manfaat kesehatan.

Teh dan susu sama-sama memberikan manfaat. Sementara beberapa jenis teh dapat memberikan manfaat kesehatan, teh hijau dan hitam adalah yang paling banyak diteliti.

Baca juga: 7 Minuman yang Bisa Kamu Nikmati Saat Diet Keto

Keduanya terbuat dari daun tanaman Camellia sinensis tetapi menjalani metode pengolahan yang berbeda. (Healthline, 2/10)

Teh hijau dan hitam kaya akan senyawa tanaman yang disebut flavonoid. Senyawa ini bertindak sebagai antioksidan untuk membantu melawan kerusakan sel yang mendasari yang disebabkan oleh molekul reaktif yang dikenal sebagai radikal bebas.

Radikal bebas tingkat tinggi berkontribusi pada penyakit jantung, kanker, dan masalah lainnya.

Secara khusus, teh hijau kaya akan flavonoid yang disebut katekin, sedangkan teh hitam memiliki jumlah theaflavin yang tinggi.

Karena senyawa ini, minum teh hijau dan hitam telah dikaitkan dengan tekanan darah rendah, efek antikanker, dan penurunan kadar kolesterol baik pada penelitian pada hewan dan manusia.

Di sisi lain, susu kaya akan nutrisi, seperti protein, kalsium, dan potasium, yang penting untuk pertumbuhan optimal, komposisi tubuh, dan kesehatan tulang.

Protein susu dapat mengganggu senyawa teh.

Mengingat bahwa teh dan susu mengandung senyawa dan nutrisi yang meningkatkan kesehatan, menyisir keduanya mungkin tampak bermanfaat.

Faktanya, satu penelitian di lebih dari 1.800 orang dewasa di China menemukan bahwa konsumsi teh dan susu secara independen terkait dengan risiko kanker mulut yang lebih rendah dan bahwa mereka mungkin memiliki efek yang sangat menguntungkan ketika dikonsumsi bersama.

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa protein dalam susu dapat mengganggu penyerapan dan aktivitas antioksidan dari senyawa teh.

Satu studi pada 16 wanita dewasa mengamati bahwa minum 2 cangkir (500 ml) teh hitam biasa meningkatkan aliran darah secara signifikan, yang dapat membantu meningkatkan fungsi jantung, dibandingkan dengan minum air putih. Sementara itu, minum teh hitam dengan susu skim tidak memiliki efek ini.

Para peneliti menyimpulkan bahwa kasein, sejenis protein dalam susu, dapat mengikat flavonoid dalam teh dan mencegah aktivitasnya di dalam tubuh.

Namun, penelitian kecil lainnya pada 9 orang dewasa mencatat bahwa mengonsumsi teh hitam meningkatkan kadar antioksidan flavonoid dalam darah dan menambahkan susu ke teh tidak menghambat efek ini.

Menariknya, para peneliti menyarankan bahwa waktu menyeduh yang lebih lama dapat menyebabkan penyerapan antioksidan yang lebih baik dalam teh, terlepas dari penambahan susu.

Berdasarkan hasil yang bertentangan dari penelitian ini, susu dapat mengganggu aktivitas antioksidan dalam teh sampai batas tertentu, tetapi mungkin tidak memiliki efek yang sama dengan teh yang telah diinfuskan untuk waktu yang lama.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih memahami potensi manfaat dan kerugian dari menambahkan susu ke teh.

Jenis teh mungkin membuat perbedaan

Efek penambahan susu ke teh mungkin juga tergantung pada jenis tehnya, tetapi beberapa penelitian tentang topik ini sebagian besar berfokus pada teh hitam.

Karena teh hijau juga kaya akan flavonoid, susu secara teoritis dapat mempengaruhi senyawa dalam teh hijau sama dengan bagaimana hal itu mempengaruhi senyawa dalam teh hitam.

Faktanya, satu penelitian pada 18 orang dewasa menemukan bahwa minum susu dengan kapsul teh hijau menghambat peningkatan jumlah kalori yang terbakar yang biasanya dihasilkan dari minum kapsul teh hijau saja.

Baca juga: 7 Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan

Sementara hasil ini menarik, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih memahami efek menggabungkan susu dengan teh hijau daripada suplemen teh hijau.

Terlebih lagi, tidak ada penelitian yang menganalisis efek penambahan susu ke teh selain varietas hitam dan hijau. (*)

Leave a Reply