Sabtu, 15 Juni 2024
Djogja Info

Tahun Depan, Sleman Tetap Fokus Pemulihan Ekonomi Pascapandemi

Ilustrasi ekonomi. (pixabay)
Ilustrasi ekonomi. (pixabay)
Ilustrasi ekonomi. (pixabay)
Ilustrasi ekonomi. (pixabay)

Djogjainfo, Sleman – Pemerintah Kabupaten Sleman kembali menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023.

Musrenbang tersebut digelar pada hari Selasa (29/3), bertempat di Sleman City Hall, Jl. Magelang, Sleman.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa. Ia menyebutkan tema pembangunan Kabupaten Sleman untuk tahun 2023 adalah Meningkatkan daya saing dan perekonomian rakyat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Sleman.

Diharapkan pada tahun 2023 nanti perekonomian masyarakat dapat kembali meningkat dan berdaya saing setelah sebelumnya terdampak akibat pandemi Covid-19.

“Hal ini merupakan bentuk respon dari Pemerintah Kabupaten Sleman terhadap upaya pemulihan kondisi ekonomi akibat Pandemi Covid-19,” ujarnya.

Dikatakan pula bahwa di tahun 2023 nanti Pemerintah Kabupaten Sleman masih berpegang pada 8 prioritas pembangunan, yakni mengurangi kemiskinan, memperkuat ketahanan ekonomi, meningkatkan kualitas kesehatan.

Kemudian, meningkatkan kualitas pendidikan, memperkuat infrastruktur untuk mengurangi ketimpangan wilayah, meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Selanjutnya, meningkatkan kualitas lingkungan hidup, dan meningkatkan penerapan nilai-nilai budaya di masyarakat.

Lebih lanjut Danang menjelaskan bahwa pelaksanaan Musrenbang penyusunan RKPD untuk Tahun 2023 ini guna mendapatkan kesepakatan, klarifikasi dan melakukan penyelarasan para pemangku kepentingan terhadap dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2023.

Aktivitas perencanaan pembangunan, termasuk penyusunan RKPD Tahun 2023 ini menurutnya bukan hanya menjadi tanggungjawab eksekutif, namun juga menjadi tanggungjawab legislatif, Akademisi, LSM dan masyarakat Sleman secara keseluruhan.

“Melalui forum Musrenbang ini, kami sangat mengharapkan masukan dari para narasumber untuk semakin menyempurnakan rencana pembangunan Kabupaten Sleman tahun 2023,” ujarnya. (rls)

Leave a Reply