Rabu, 22 Mei 2024
Djogja Info

Tips perawatan kulit agar terlihat sempurna saat musim hujan

tips perawatan kulit. (pixabay)
tips perawatan kulit. (pixabay)

Djogjainfo – Sementara kebanyakan dari kita tahu bahwa musim hujan adalah musim di mana penyakit yang ditularkan melalui udara seperti infeksi virus, pilek, flu, demam berdarah, dan malaria meningkat.

Selain itu, penyakit kulit juga diperparah karena meningkatnya kelembaban di atmosfer.

Baca juga: Trik riasan termudah untuk anak perempuan yang membenci riasan

Beberapa kondisi kulit umum yang diderita orang selama musim hujan adalah; infeksi kurap/jamur, jerawat, folikulitis, eksim, kudis, kutu air, dan sebagainya.

Penyakit seperti psoriasis cenderung memburuk karena kulit menjadi lebih rentan terhadap infeksi jamur dan bakteri karena kadar air yang ada di lingkungan.

Tak perlu dikatakan, penyakit-penyakit tersebut di atas memerlukan perhatian medis, namun sementara itu, tip-tip berikut disarankan.

1. Jaga agar kulit Anda tetap kering: Jaga agar kulit Anda tetap kering selama musim hujan, terutama pada lipatan leher, siku, dan selangkangan.

Keringkan area ini sesering mungkin karena lipatan kulit lebih rentan terhadap infeksi jamur.

2. Cuci muka setiap hari: Musim hujan menyebabkan penumpukan debu, kotoran, dan minyak yang berlebihan.

Oleh karena itu, mencuci muka dengan sabun cuci muka yang ringan sangatlah penting. Aplikasi tabir surya adalah suatu keharusan.

3. Jaga kulit Anda terhidrasi: Minumlah setidaknya tujuh sampai delapan gelas air sehari untuk menjaga kulit Anda sehat dan terhidrasi.

Baca juga: Bagaimana mencegah lipstik Anda dari noda

4. Makan sehat: Apa yang Anda makan juga dapat mempengaruhi kulit Anda. Pola makan yang tidak sehat dapat menyebabkan kulit menjadi tidak sehat.

Sertakan buah-buahan musiman segar, sayuran, air kelapa, putih telur, atau yogurt. Ini membantu menjaga kesehatan kulit Anda. (*)

Leave a Reply